Bangga Menjadi Petani

by -

METROPOLITAN – Lahan cabai di Kampung Situdaun, Desa Situdaun, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, akhirnya disulap menjadi lahan pertanian modern oleh anak-anak muda milenial dari PT Rasa Agri. Tatang (53), petani asli dari Kampung Situdaun, berterima kasih terhadap pendampingan yang dilakukan karyawan PT Rasa Agri.

“Saya ucapkan terima kasih kami kepada para karyawan yang telah membantu di sini,” katanya. Menurutnya, pendam­pingan ini sangat berguna bagi para petani di Desa Situ­daun, terlebih desa ini dikenal sebagai salah satu desa peng­hasil cesin terbaik di wilayah Tenjolaya.

Sementara itu, Founder PT Rasa Agri, Sona Maesena mengaku, program ini dilaku­kan demi mengembangkan sektor pertanian di pedesaan salah satunya, di Desa Situdaun. Dan penggunaan bibitnya pun telah berdasarkan hasil riset dari Balitsa di Lembang, Bandung. Sehingga, sambung Sona, tanaman cabai ini bisa bertahan dari serangan hama dan cuaca ekstrem.

Baca Juga  Akhir Pekan, Puncak tak Selalu Ramai Pengunjung

“Kami juga ingin mengajak para generasi muda untuk ber­cocok tanam. Karena negeri ini memiliki sumber daya alam yang besar dan semua itu harus diberdayakan dengan optimal,” ucap Sona.

Ia menjelaskan, penggunaan cabai ini disesuaikan dengan lokasi lahan seperti ketinggan tanah dan kesuburan di Kabu­paten Bogor.

“Semua itu harus diukur ter­lebih dahulu, sebelum kita menananm,” tuturnya.

Saat ini, kata Sona, yang ditanam di lahan seluas satu hektare ini adalah jenis cabai kencana yang merupakan cabai merah keriting.

“Cabai ini tahan penyakit dan memilki kualitas yang baik. Sedangkan untuk produksinya satu pohon bisa menghasilkan minimal satu kilogram cabai,” beber Sona.

Sona mengungkapkan, untuk pola penanaman ini cabai ini dilakukan secara organik, dengan masa panen sekitar enam bulan. Sedangkan untuk hasil panen dari luas satu he­kare ini diprediksi menghasil­kan cabai sebanyak 16-20 ton.

Baca Juga  Asyik... Tahun Ini Bangun Infrastruktur

Senada, Kepala Desa Situdaun, Jai merasa tersanjung akan kepedulian dari program PT Rasa Agri di wilayahnya. Ter­lebih, ini merupakan program perdana dari perusahaan yang bergelut di bidang pertanian tersebut.

“Melalui transfer ilmu dan teknologi yang dilakukan PT Rasa Agri, saya yakin para pe­tani disini bisa terus mengembangkan hasil perta­niannya dan tak kalah dengan petani modern lainnya,” tutur Jai.

Tak hanya itu, tambah Jai, dengan memodernisasi cara penanaman yang dilakukan petani, bisa semakin mening­katkan rasa percaya diri para petani di Desa Situdaun dan akan bangga menjadi seorang petani.

“Petani itu adalah pekerja yang mulia dan saya yakin ,dengan usaha yang tekun kita mampu meraih kesuksesan bersama,” tegasnya.(ads/c/yok)

Baca Juga  Sama-sama Cari Solusi Penanganan Sampah Industri

Leave a Reply

Your email address will not be published.