Caleg Ini Dibela Pengurus Partai

by -

METROPOLITAN – Indonesia Corruption Watch (ICW) meny­ebarkan daftar 40 caleg mantan napi korupsi yang berlaga di kon­testasi Pemilu 2019. Daftar caleg eks napi koruptor itu dipublikasi di akun Twitter resmi ICW. ”40 caleg MANTAN NAPI KORUPSI yang sedang berlaga mendapatkan bangku wakil rakyat. Catat ya tweeps! #koruptorkoknyaleg,” cuit akun resmi ICW (@antiko­rupsi) Sabtu (5/1).

Ke-40 caleg mantan napi korup­tor itu tercatat dari 11 partai po­litik dan DPD RI. Mereka terdiri dari caleg anggota DPRD pro­vinsi dan DPRD kabupaten/kota. Ada tiga nama caleg DPRD Pro­vinsi dari Partai Gerindra di daf­tar itu, salah satunya M Taufik. ”Saya nggak ngeh satu per satu, yang saya tahu hanya Pak Taufik DPRD DKI. Saya pikir adanya nama beliau tidak mengurangi komitmen kami dalam melawan korupsi. Saya pikir kita harus lihat kasus per kasus. Pak Taufik adalah contoh keberhasilan konsep pe­masyarakatan yang kita adopsi dalam UU Nomor 12 Tahun 1995,” kata Ketua DPP Gerindra Habi­burokhman.

Baca Juga  Relawan Projo Padati Sentul

Habiburokhman kemudian menjelaskan konsep pemenja­raan yang dianut Indonesia saat ini. Menurut dia, penjara sudah seharusnya jadi tempat bagi para napi untuk memperbaiki kesalahan.”Perlu dicatat bahwa Pak Taufik masuk Gerindra sete­lah selesai menjalani hukuman. Saat ini setelah hampir lima tahun beliau di DPRD tidak pernah melakukan pidana tapi justru menunjukkan prestasi sebagai pimpinan Dewan. Cek saja di Dapil beliau banyak konstituen yang sangat terbantu dengan kerja beliau,” papar Habiburok­hman.

Selain tiga nama di DPRD Pro­vinsi, ada tiga lagi caleg Gerindra untuk DPRD kabupaten/kota yang masuk daftar ICW. Selain Gerindra, ada 10 partai politik lain yang juga masuk daftar itu. ”Pak Taufik memang pernah dipidana, tetapi beliau telah memperbaiki diri, diterima oleh masyarakat serta aktif berperan dalam pembangu­nan hal mana diatur Pasal 2 UU Tersebut,” pungkas Habiburok­hman. (dtk/els)

Baca Juga  Program Hadist Dinilai Realistis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *