Dari Cari Duit sampai Sakit Tetap Sendiri

by -

METROPOLITAN – Berbagai cara dilakukan setiap pihak untuk mengampanyekan pemilu damai. Seperti yang dilakukan sekelompok orang yang mengatasnamakan RT 06. Mereka membuat sebuah spanduk jenaka yang berisi pesan pemilu damai. Atas kejenakaan kalimat tersebut, spanduk itu mendadak viral di media sosial (medsos).

Spanduk itu dibuat atas ke­prihatinan mereka akan suhu pemilu 2019 yang kian memanas. Saling serang antar-pendukung pasangan calon tidak bisa di­hindarkan. Namun, warga yang mengatasnamakan RT 06 itu menanggapinya dengan cara berbeda.

Berawal dari sebuah unggahan akun base Twitter @askmenfess pada 27 Januari lalu, unggahan tersebut berisi dua foto yang memperlihatkan spanduk dengan tulisan berbeda. ”Pemilu damai. Mau Jokowi/Prabowo yang jadi presiden-nye warga RT 06 tetap damai dan jaga silaturahmi, kite sakit keluarga kite sakit yang jenguk bukan presiden tetapi tetangga loe,” bunyi tulisan di spanduk tersebut.

Selain itu, satu spanduk lagi juga dibuat kelompok rukun tetangga ini. Tak berbeda jauh dari spanduk sebelumnya, kam­panye pemilu damai ini memi­lih kalimat yang lebih singkat namun dalam maknanya. ”Si­apa pun presidennya tetep aja lo nyari duit sendiri,” bunyi tu­lisan spanduk lainnya.

Spanduk yang mengimbau masyarakat tetap damai itu pun viral di medsos dan mendapat beragam respons dari warganet. Banyak dari mereka yang me­rasa setuju dengan justru menga­ku ingin pindah ke RT 06 usai membaca tulisan di spanduk tersebut.

”Apakah aku harus bikin ban­ner ini? Terus pasang didalem ruang makan, biar keluargaku baca?,” tulis akun @xiaomay12_. ”IH AKU MAU PINDAH RT AJA,” kata akun @rawvenclaws. ”Otw pindah rt06 ni loe jgn lupa ya,” ujar akun @mrghzl. ”Nah gini dong sekali-kali mendidik jangan kompor mulu. Gosong lama lama,” ungkap akun @imnot­soap_. ”@askmenfess Sebuah kebodoamatan yg mendidik,” tulis akun @problemlife_.

Di lain hal, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengapresiasi adanya spanduk yang dibuat pengurus RT 06 tersebut. Hal itu disampaikan Komisioner KPU Ilham Saputra. Ia menilai itu adalah salah satu cara yang baik untuk mewujudkan pemilu 2019 yang damai. Apalagi di dalamnya tidak ada ajakan golput. ”Saya kira itu baik karena tidak ada upaya mengajak go lput ya,” ujar Ilham di kantor KPU, kemarin.

Ilham juga tidak memperma­salahkan adanya spanduk yang mengatasnamakan RT 06. Sebab, tujuannya adalah baik, mem­buat kampanye di pemilu 2019 lebih damai dan menyadarkan masyarakat jangan sampai ter­pecah belah. ”Selama itu kon­tennya untuk pemilu damai ya nggak ada masalah,” ujarnya. (brl/jpnn/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *