Menuju Kursi Panas Sekda

by -

METROPOLITAN – Masa jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Adang Suptandar, tinggal menghitung hari. Bupati Bogor, Ade Yasin, memastikan tidak akan memperpanjang masa jabatan sekda lama dan akan menggantinya dengan Pelaksana Tugas (Plt) sampai nanti dilakukan open bidding atau lelang jabatan orang nomor tiga se-Kabupaten Bogor itu. Sejak dilantik, ada delapan nama Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Bogor yang disebut-sebut kuat mengisi jabatan sekda. Kesemua nama yang muncul yakni asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Burhanudin, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Yani Hasan, Kepala Bappedalitbang Syarifah Sofiah serta Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Dace Supriadi, Kepala BPKAD Didi Kurnia, Kepala Dinas Pendidikan Tb Luthfie Syam, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Rustandi dan Kepala Bappenda Dedi A Bachtiar.

Baca Juga  Ini Dia Tuntutan Guru Honorer di Sukabumi

Namun saat dikonfirmasi, Ade Yasin mengungkapkan bahwa ada empat nama yang memiliki kans kuat. Semua masih mempunyai peluang yang sama, karena dirinya belum mengerucutkan jumlah calon. Politisi PPP ini beralasan, semua sama-sama memenuhi syarat dan kriteria, baik golongan atau eselon hingga batas umur. Baginya, pengisi jabatan itu tak selalu harus PNS yang sudah senior. Yang penting memenuhi persyaratan yang ditentukan. ”Plt sekda belum mengerucut. Masih punya kesempatan yang sama, yang empat itu,” katanya.

Adik kandung dari mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin itu menambahkan, sejauh ini empat nama yang digadang-gadang menggantikan Adang Suptandar sudah menenuhi persyaratan yang dibutuhkan. Akan tetapi, dia tetap akan memilih sosok yang paling memenuhi syarat dibandingkan calon lainnya.

Baca Juga  Minta Masukan, Iwan Kunjungi Tiga Tokoh Agama

”Untuk plt tidak harus (PNS) senior, yang penting syarat golongan, eselon dan umurnya masuk. Ya sejauh ini semuanya (empat calon) sih memenuhi syarat ya. Tapi saya akan memilih yang paling memenuhi syarat lah ya,” papar AY, sapaan karibnya.

Sekadar diketahui, Adang Suptandar dipastikan habis pada 14 Januari dan tidak akan diperpanjang. Sebab, Adang sudah lulus sebagai auditor utama dan segera dilantik. Empat nama pun beredar dan disebut-sebut akan mengisi kursi yang ditinggalkan Adang.

Sebelumnya diberitakan, pasangan Bupati dan Wakil Bupati Bogor periode 2018-2023, Ade Yasin-Iwan Setiawan (Hadist), sudah menyiapkan beberapa kandidat. Pembahasan antara keduanya mengerucutkan empat nama birokrat yang saat ini aktif menjabat di lingkungan Pemkab Bogor. Yakni, asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Burhanudin, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Yani Hasan, Kepala Bappedalitbang Syarifah Sofiah serta Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Dace Supriadi.

Baca Juga  Soal Wacana Bangun RSUD Rancamaya, Ini Kata Sekda

“Sudah ada yang kami bahas bersama antara saya dan Bu Ade. Kalau kami kerucutkan ada empat nama dari birokrat yang masih aktif saat ini. Ada Pak Burhan, Pak Dace, Pak Yani Hasan dan Bu Ipah. Nama ini yang sedang digodok,” kata Iwan Setiawan, belum lama ini.

Selain empat nama itu, beberapa nama lain sempat mengemuka untuk mengisi jabatan sekda selepas ditinggal Adang. Mereka adalah Kepala BPKAD Didi Kurnia, Kepala Dinas Pendidikan Tb Luthfie Syam, asisten Perekonomian dan Pembangunan Rustandi dan Kepala Bappenda Dedi A Bachtiar. (ryn/d/yok/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.