Niat Untung Jadi Buntung

by -

METROPOLITAN – Hati-hati bila Anda rajin ikut arisan. Salah-salah, bukannya untung malah buntung. Seperti yang dialami pu­luhan warga di Kelurahan Cibinong yang merugi miliaran rupiah karena menjadi korban penipuan ber­kedok arisan. Hal itu terungkap saat jajaran Polsek Ci­binong menangkap TS, pelaku yang diduga menggelapkan uang arisan sejak 2014. TS mengakomodasi dana arisan yang diikuti sekitar 40 orang itu.

”Kita amankan dulu, karena kan korbannya banyak. Dia agak berbelit-belit juga karena uang­nya diputar ke orang lain lagi. Nah, orang-orang lain itu ma­sih kita cari,” terang Kapolsek Cibinong, Kompol Prasetyo Purbo Nurcahyo, kemarin.

Menurut Prasetyo, kerugian­nya ditaksir mencapai Rp5 miliar, karena angsuran arisan itu pun beragam. Mulai dari Rp1 juta, Rp2 juta, Rp3 juta hingga Rp5 juta. Meskipun ia enggan menyebut angka pasti, kejadian itu sudah berlangsung lama karena masih penyelidi­kan.

Baca Juga  Dewan Muara Enim Berguru Ke Bogor

Arisan yang diikuti itu meru­pakan komunitas orang-orang Medan, Sumatera Utara. Po­lisi juga masih mencari tahu skema seperti apa yang dija­lankan bisa masuk perdata atau pidana. Orang-orang yang ikut arisan itu masih didalami pu­la, karena bisa saja fiktif.

”Masih ditelusuri, bisa pi­dana atau perdata. Soalnya dari puluhan orang yang lapor itu sudah ada yang menang dan ada yang belum. Nah yang be­lum ini minta kejelasan. Mis­alnya sekali narik berapa, itu juga belum tahu. Sampai saat ini baru satu yang diamankan,” paparnya.

Prasetyo memastikan semua korban merupakan warga Ke­lurahan Cibinong. Pihaknya tengah berkoordinasi dengan Satreskrim untuk mendalami kasus tersebut dan kemungkinan diamankan pelaku lainnya.

Baca Juga  Bayi Tiga Bulan Asal Cibinong Bogor Sembuh dari Corona

Terpisah, seorang korban, Sudirman, mengatakan, modus awal pelaku berkedok arisan. Merayu dengan menyetor uang untuk dikocok setiap bulannya. Namun waktu pengundian tak kunjung tiba, sehingga warga geram dan mengontrog pelaku di rumahnya. “Dia berbelit-belit, nggak mau bayar, katanya uang diputar lah. Kerugian saya sekitar Rp60 juta lah,” pung­kasnya. (ryn/c/yok/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.