Parpol dan Caleg Harus Matangkan Strategi Pemenangan

by -

METROPOLITAN – Tahun ini jadi tahun bersejarah dalam pesta demokrasi Indonesia, ya­kni digelarnya Pemilihan Legis­latif (Pileg) dan Pemilihan Pre­siden (Pilpres) secara serentak di seluruh Indonesia. Kondisi itu menuntut partai politik dan calon legislatif (caleg) untuk bekerja keras meraih suara masyarakat dengan strategi-strategi baru, ti­dak lagi mengandalkan kekuatan dan pola-pola lama, apalagi tetap mengikuti tren politik uang. Se­perti yang terungkap dalam ke­giatan Obrolan Serius Mencari Solusi (Obsesi) Radar Bogor, di Graha Pena, Jalan KH Abdullah Bin Nuh Kota Bogor, Kamis (17/1/2019).

Mengusung tema Strategi Pe­menangan Pileg dan Pilpres 2019, sejumlah elit politik kota dan kabupaten Bogor dihadirkan da­lam dialog yang dilaksanakan pukul 13:00 WIB itu. Salah satunya Ketua DPD PAN Kota Bogor Sa­frudin Bima. Menurutnya, konsep dan strategi PAN dalam memang­kan Pileg 2019 sangat sederhana. “Pertama ada istilah tak kenal maka tak sayang. Masyarakat ba­gaimana mau memilih caleg jika tak dikenal oleh masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga  KPU Larang Bantuan ke Palu Berlogo Partai

Sementara iru, Sekretaris DPC PDIP Kota Bogor Vajireh Sitohang menyerahkan sepenuhnya ke­pada para caleg bagaimana pola untuk mencari suara. “Kalau par­tai baru mungkin pakai pola zo­nasi, kalau kita sudah susah ka­rena kita punya basis-basis mas­sa tradisional sendiri,” katanya.

Saat ini lanjut dia, intinya ba­gaimana caleg itu mendekat diri kepada masyarakat. “Per­tama bicara popularitas, kedua kesukaan, ketiga melakukan kepastian bahwa dia dipilih, artinya kalau dia caleg yang su­dah cerdas dia akan melakukan tahapan ini untuk meraih suara,” jelasnya.

Pola-pola pendekatan ke masy­arakat juga digunakan oleh Partai Golkar. Seperti yang disampaikan oleh Ketua DPD Golkar Kota Bo­gor, Tauhid J Tagor. Menurutnya, masyarakat saat ini sudah sema­kin pintar, sehingga pola-pola money politic tidak begitu ampuh untuk meraih suara. (rb/els)

Baca Juga  PPP Siap Rebut Posisi Ketua DPRD Kota Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *