Tiga Proyek Pengecoran Jaling Jadi Skala Prioritas, Pemdes Cibeber II Gotong-Royong Bangun Desa Bareng Warga

by -

METROPOLITAN – Proyek pening­katan infrastruktur sukses direalisa­sikan Pemerintah Desa (Pemdes) Cibeber II, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, bersama warga.

Informasi yang dihimpun Metro­politan, kegiatan tersebut dibiayai pemerintah pusat melalui Dana Desa (DD) tahap III 40 persen Ang­garan Pendapatan dan Belanja Ne­gara (APBN) 2018 kurang lebih Rp425 juta.

Sekretaris Desa (Sekdes) Cibeber II Gunawan menjelaskan, tiga lokasi betonisasi jalan lingkungan (jaling) menjadi skala prioritas sesuai putu­san Musyawarah Rencana Pembangu­nan (Musrembang) 2017.

”Ya sesuai rapat yang diikutsertakan warga dan tokoh masyarakat serta para ketua RT/RW se-Desa Cibeber II,” ujarnya kepada Metropolitan, ke­marin.

Ia menuturkan, pembangunan itu antara lain beton jaling RW 01 Kam­pung Cibeber 04 sepanjang 1.100 meter, RW 02 900 meter dan di RW 07 Kampung Angsana 519 meter.

”Pada DD III ini kami sertakan juga program Padat Karya Tunai (PKT). Artinya warga yang ikut dalam pembangunan mendapat upah ker­ja sebesar 30 persen dari penggu­naan DD III,” katanya.

Pengerjaan itu, lanjutnya, telah ram­pung sebelum 2019 dan diselesaikan pada akhir 2018, dengan tempo peng­erjaan rata-rata 20 hari kalender kerja.

”Kami Pemdes Cibeber II mengu­capkan terima kasih kepada pemerin­tah pusat dan Pemkab Bogor yang sudah menganggarkan bantuan ini. Sehingga pembangunan dapat te­rasa di pelosok RT/RW dan juga warga yang sudah bergotong-royong dalam menyukseskan pembangunan ini,” ungkapnya.

Ia juga berharap akses jalan yang layak mempermudah warga dalam berinteraksi dan beraktivitas. ”Ya ter­lebih bagi 8.955 jiwa yang berdomisili di 41 RT, delapan RW dan empat Dusun,” imbuhnya. (yos/b/mam/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *