15 Kampus Terapkan Pendidikan Jarak Jauh

by -

METROPOLITAN– Jumlah perguruan tinggi yang sudah menggelar Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) meningkat dari lima kampus di 2018 menjadi 15 perguruan tinggi tahun ini.

”Yang sudah melakukan PJJ di 2019 meningkat dari lima perguruan tinggi menjadi 15 kampus. Kemarin lima tahun 2018. Sekarang tambah tujuh dan tiga lagi masuk,” kata Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir, di Jakarta, Rabu, 6 Februari 2019.

Menurut Nasir, tujuh perguruan tinggi yang menggelar PJJ telah diluncurkan di Yogyakarta. ”Saya launch di Yogyakarta, saya ingin mencoba melakukan online bisa terkoneksi dengan baik, dibiayai oleh Islamic Development Bank,” terangnya.

Ketujuh perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Syiah Kuala, Universitas Tanjungpura, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Sam Ratulangi, dan Universitas Negeri Manado.

Baca Juga  Upaya Mengoptimalkan Pelaksanaan PJJ

Dengan PJJ, diharapkan perguruan tinggi bisa menerima mahasiswa dari berbagai pelosok daerah yang

selama ini tidak terjaring dalam sistem seleksi kampus. Nasir berharap, Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi dapat meningkat, karena akan lebih banyak lagi anak Indonesia yang dapat mengenyam pendidikan tinggi dengan mudah.

”Mata kuliahnya pun sesuai dengan bidang ilmu yang dipilih,” terangnya. Tidak hanya itu, dengan pembelajaran daring dapat secara tidak langsung meningkatkan kompetensi dosen.

”Kalau online learning dilakukan, maka kompetensi dosen memegang peran penting. Kalau online learning peran dosen tidak baik, tidak bermutu, tidak berkualitas pasti tidak bisa masuk. Karena kita harus improve, yang selama ini face to face kita dorong ke daring,” papar mantan rektor terpilih Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. (med/feb)

Baca Juga  DPRD Tagih Disdik soal Laporan Evaluasi PJJ di Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published.