Dahlan Iskan Berbagi Ilmu di Kampus Unpak

by -

METROPOLITAN – Ma­hasiswa Universitas Pakuan (Unpak) antusias mengikuti kuliah umum bersama Dah­lan Iskan. Sedikitnya ada 300 mahasiswa yang turut me­nyimak pengalaman Dahlan yang dibungkus dalam acara perkuliahan umum bertema ‘Membangun Jiwa Entrepreneur di Kalangan Ma­hasiswa’.

Selama proses perkuliahan berlangsung, Dahlan mengaku senang melihat antusias maha­siswa yang tinggi. Apalagi su­asana hari itu terasa cair. “Dan suasana cair itulah menunjukkan suasana kampus karena masy­arakat ilmiah, masyarakat aka­demis biasanya serba cair se­perti itu. Saya tanpa mempela­jari manajemen di Unpak ini dapat menyimpulkan berlangs­ung dengan sangat baik,” ujarnya.

Ia pun berbagi pengalamannya bagaimana menjadi seorang yang sukses. Baginya tak ada teori jitu selain dari pantang menyerah untuk terus melatihnya. “Jadi pengusaha itu harus banyak la­tihan,” kata Dahlan membuka perkuliahan, kemarin.

Baca Juga  Lab Unpak Bogor Kebakaran Saat Uji Coba PTM, Dekan : Awalnya Ada Hawa Panas, Timbul Asap Lalu Api Menjalar

Ia pun menekankan pentingnya mengatur manajemen. Bagi Dahlan, manajemen menjadi faktor penting yang akan me­nentukan berhasil tidaknya se­seorang mencapai mimpinya. “Negara boleh kaya, tetapi kalau manajemennya jelek akan jadi miskin. Begitu juga sebaliknya. Sama seperti pengusaha,” tutur­nya.

Selain itu, ia juga mengingatkan soal pentingnya menjaga ke­seimbangan antara pikiran dengan hati. Hal itu bisa dimulai dari lingkungan pertemanan dan bisa dimanfaatkan aktivis ma­hasiswa.

“Intinya otak Anda harus tetap hebat tapi hati Anda juga harus mau mendengarkan dan ini bisa dimulai dari lingkungan pertemanan. Dan terbaik dila­kukan ketika seorang mahasiswa menjadi aktivis. Di sana akan belajar mendengarkan,” imbuh­nya.

Rektor Unpak, Bibin Rubini, mengapresiasi respons positif dari mahasiswa. Walaupun acara perkuliahn umum tersebut dibuat dadakan, tetapi antusias mahasiswa tetap tinggi. “Menurut saya, ini pembelajaran yang sangat. Dan bisa jadi bekal untuk mahasiswa,” tandasnya. (rp3/ pkl1/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.