Humas Sekolah Harus Kreatif

by -

METROPOLITAN – Humas SMK Negeri 1 Kota Bogor memberikan pemahaman tentang pentingnya lembaga humas. Menurut Wakil Kepala Humas SMKN 1 Bogor Nani Maryani, humas menjadi corong informasi. Dengan peran ini, setiap humas harus serba tahu sekecil apapun informasi.

“Ya namanya humas harus bisa menyampaikan informasi ada tamu yang datang, siapa pun itu, baik wartawan, LSM, atau instansi lainnya,” katanya.

Ada pun fungsi humas di instansi sekolah, sambung Nani, punya peran menjadikan sekolah sebagai institusi yang dinilai selalu hadir dan terlibat langsung dalam setiap kegiatan pendidikan. “Tugas utamanya mencerdaskan anak bangsa, kemudian mengetahui informasi sekolah yang sekiranya harus diketahui publik. Otomatis ya  harus dipublikasikan juga, harus bisa bersinergi dengan semua unsur serta mau menerima siapa pun tamu yang datang dengan penyambutan yang ramah dan baik,” bebernya.

Baca Juga  KPU Diminta Verifikasi Berkas Paslon Cabup dan Cawabup

Karena itu, program dan realisasi dari pendidikan harus bisa diimplementasikan dalam tugas kehumasan. Mulai dari memberikan informasi yang ada di sekolah. “Jadi, humas harus kreatif bukan sekadar tahu, tapi bagaimana bisa mengkoneksikan, mengampanyekan, mempromosikan, menyampaikan dan memberitakan semua program sekolah yang perlu diinformasikan ke publik. Sehingga apa yang kita lakukan mendapat dukungan penuh dan kepercayaan masyarakat. Sebab, ini erat hubungannya dengan lembaga sekolah yang dinaungi sebagai kehumasan,” bebernya.

Dalam kesempatan itu, Nani juga menekankan pentingnya aparatur humas untuk terus beradaptasi dengan perkembangan zaman. Sebab, kini muncul tren penggunaan Informasi Teknologi (IT) dalam menjalankan fungsi kehumasan. Sehingga aparatur humas harus terus memperbaiki kompetensi individu, baik di bidang k ehuma san maupun perkembangan informasi Teknologi terkini.(lis/feb/py)

Baca Juga  SMKN 1 Sambut Program Ramah Anak di Sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published.