Anang Cabut RUU Permusikan

by -

METROPOLITAN – Musisi yang juga anggota Komisi X DPR RI, Anang Hermansyah, resmi me­narik usulan RUU Permusikan. Alasan itu terkait masukan dan saran materi draft RUU Permu­sikan serta rencana musyawarah besar komunitas musik. Hal ter­sebut sebagai tindak lanjut ma­sukan dan beberapa tanggapan dari semua stakeholder musik Tanah Air.

”Itu agar terjadi kondusivitas di seluruh stakeholder ekosistem musik di Indonesia,” ujar Anang Hermansyah dalam rilis yang di­terima, Jakarta. Ayah empat anak itu mengaku bila RUU Permusikan menimbulkan polemik.

”Saya sebagai wakil rakyat dari ekosistem musik wajib hukumnya menindaklanjuti aspirasi dari stakeholder. Sama halnya saat mengusulkan RUU Permusikan juga berpijak pada aspirasi dan masukan dari stakeholder. Ini proses konstitusional yang lazim dan biasa saja,” lanjutnya.

Baca Juga  Ditinggal Vokalis, Lyla Band Makin Semangat

Sebenarnya banyak aspek yang perlu dibahas dalam permusikan Indonesia ini. Mulai dari hukum tentang hak cipta sampai per­soalan pajak serta pemanfaatan medium digital, seperti YouTube dan Facebook, belum ada pen­gaturan mengenai hal itu. ”Ba­gaimana dengan pendapatan dari ranah digital seperti Youtu­be maupun Facebook?” terangnya. (kpl/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.