Tiga Hari Sortir, 991 Surat Suara Rusak

by -

METROPOLITAN, – Tiga hari melakukan sortir dan pelipatan surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi, menemukan 991 surat suara rusak. Surat suara yang rusak itu di antaranya karena sobek, bolong dan terkena noda tinta.

Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, Ferry Gustaman membeberkan rincian data yang surat suara sampai hari ketiga proses pelipatan.

“Hari pertama 222 lembar, kemudian hari kedua 446 lembar, dan hari ketiga 243 lembar surat suara yang rusak jadi totalnya 911 lembar,“ kata Ferry.

Fery memastikan surat suara yang rusak akan dipisahkan dan direkap setiap harinya. Pihaknya juga akan mengirimkan laporan ke pusat untuk pergantian. “Surat suara yang rusak ini nantinya akan diganti. Sesuai DPT dan DPTB ditambah 2% per TPS,“ ungkapnya.

Baca Juga  Ketua DPRD: Peran Masyarakat Diperlukan Cegah Tawuran Pelajar

Masih kata Ferry, setelah surat suara dilipat seluruhnya, surat suara itu dihitung sesuai jumlah pemilih di TPS yang terdata di DPT, DPTb (pemilih pindahan), plus cadangan 2%. “Surat suara tidak boleh lebih ataupun kurang,“ imbuhnya. Sementara, Koordinator Divisi Pengawasan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat, Zaki Hilmi mengatakan, kerusakan surat suara yang telah disortir disebabkan beberapa faktor dianggap wajar.

“Setelah, proses pelipatan selesai. KPU Kabupaten Sukabumi, harus cepat mengajukan untuk meminta pergantian. Serta, nantinya surat suara rusak itu dimusnahkan,“ pungkasnya. (can/ade/feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *