Waspada! Pengidap Kanker Bertambah

by -

METROPOLITAN – Gaya hidup ma­syarakat Indonesia saat ini, mem­buat banyak orang terancam terkena penyakit. Oleh karena itu, generasi muda punya peran besar mengajak berbagai kalangan masyarakat hidup sehat.

Menteri Kesehatan RI Prof Dr dr Nila Faried Moeloek, SpM(K) meng­ingatkan generasi muda agar berbagi informasi positif tentang kesehatan. Mereka bisa jadi agent of change bagi masyarakat agar tak segan mela­kukan pencegahan penyakit.

Dia mengatakan, kaum muda di berbagai kawasan menghadapi ba­nyak permasalahan kesehatan. Kalau tidak dicegah sejak muda, masa tua­nya akan terganggu. ”Transisi dari masa kanak-kanak ke masa dewasa, menimbulkan risiko bagi kesehatan dan kesejahteraan,” tuturnya saat ditemui di Balai Kartini, Jakarta Se­latan.

Baca Juga  Saatnya Olah Raga Bersepeda Indonesia Berjaya

Dari data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan ada­nya peningkatan penyakit pada usia remaja dan dewasa muda seperti kanker, diabetes melitus, stroke dan hipertensi yang terus meningkat.

Menkes Nila pun mengajak para pemuda berperilaku sehat termasuk tidak merokok, mengonsumsi maka­nan sehat, melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari. Hal tersebut dila­kukan untuk menghindari risiko ter­kena penyakit serta jauhi narkoba dan seks bebas. “Karena anak muda ini mulai rentan terhadap penyakit ini,”tuturnya.

Sementara itu, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Anung Sugihantono mengatakan ada pe­ningkatan prevalensi kanker dan tumor yakni 1,79 per 1000 penduduk dibandingkan tahun 2013 yaitu 1,4 per 1000 penduduk

Baca Juga  Kegiatan Sehat si Jomblo di Malam Minggu

”Risekesdas 2018 menunjukkan peningkatan terhadap kejadian kan­ker di Indonesia. Jumlah memang makin meningkat tapi aksesbilitasnya makin meningkat juga. Dulu susah berobat sekarang karena JKN, orang punya akses untuk tatalaksana kan­ker,” tutur Anung.

(de/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.