Berani Mencoba Hal Baru Di Luar Zona Nyaman

by -

METROPOLITAN – Era perkembangan teknologi telah membuka pintu menuju berbagai macam potensi dan kesempatan untuk mencapai lebih banyak hal. Sehingga cerita inspirasi dari Kartini masa kini yang telah mewujudkan impian mereka pun semakin banyak. Salah satunya deretan perempuan inspiratif yang berkarier di perusahaan e-commerce Tanah Air.

Clarissa Jane Amadea atau yang akrab disapa Icha, mengawali kariernya di Tokopedia saat karyawannya masih berjumlah sekitar 800 orang. Berasal dari jurusan akuntansi, kini Icha menjadi Culture & Engagement Specialist di Tokopedia.

“Pekerjaan saya saat ini memang melenceng jauh dari jurusan ketika kuliah. Tapi justru saya belajar banyak dari semua bidang yang pernah saya jalani. Saya suka membantu karyawan dalam pengembangan diri dan organisasinya. Maka dari itu saya merasa akhirnya berada di tempat yang sesuai keinginan saya,” kata Icha. Sebelumnya, Icha sempat bekerja di perusahaan jasa akuntansi selama tiga tahun, lalu memilih Tokopedia sebagai destinasi karier selanjutnya. “Saat itu saya selalu berkutat dengan angka. Walaupun saya menikmatinya, namun di satu sisi saya merasa ingin memiliki pekerjaan yang mampu memberikan dampak untuk banyak orang. Maka dari itu saya memilih Tokopedia,” tambah Icha.

Baca Juga  Tiga Bulan Contraflow Bikin Pengguna Jalan Merugi

Berawal dari posisi Escrow Internal di Tokopedia, Icha kemudian ditransfer ke bagian Corporate Finance & Investor Relation. Setelah banyak terlibat dalam banyak hal yang berkaitan dengan pengembangan diri karyawan, Icha kemudian kembali ditransfer ke Culture & Engagement Tokopedia.

Di divisi ini, Icha banyak berperan dalam pelatihan terhadap karyawan yang baru bergabung dengan Tokopedia, hingga menangani semua acara internal Nakama yang bertujuan untuk pengembangan diri dan organisasi karyawan. “Di Tokopedia, kita diberi kebebasan untuk belajar, berkarya dan membuat perubahan ke arah yang positif. Jika ternyata kita lebih mampu membuat perubahan di suatu divisi tertentu, maka kita bisa masuk ke sana dan membuat perubahan untuk lebih baik,” kata Icha.

Baca Juga  XL Axiata Jalin Kerjasama dengan Grab dan Tokopedia

Memperingati Hari Kartini beberapa waktu lalu, Icha bersama tim dari Culture & Engagement mengadakan SHE @Tokopedia dengan mengundang banyak tokoh inspiratif wanita di Indonesia. Acara ini turut menjadi pencapaian Icha sebagai bagian dari Culture & Engagement Tokopedia. Perjalanan panjang Icha menemukan tempatnya di Tokopedia menjadi inspirasi bagi semua wanita muda yang masih mencari tujuannya dalam bekerja. Kisah Icha berpindah ke banyak divisi menjadi pelajaran bahwa seseorang tidak harus terpaku pada latar belakangnya saat ini, melainkan dapat menjadi apa pun yang dimau jika mempunyai passion yang kuat. (fim/mam/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.