Bikin Perut Kenyang

by -

METROPOLITAN – Banyak kuliner tradisio­nal khas Bogor yang enak dan banyak dicari orang saat berkunjung ke Kota Hujan. Salah satu kuliner khas yang patut dicicipi adalah Toge Goreng Mang Gebro. Warung ini berlo­kasi di Jalan Pengadilan Pasar Anyar Bogor dan berpusat di Jalan Dewi Sartika, Kota Bogor.

Meski dikenal dengan nama toge goreng, proses pengolahannya sama sekali tak ada unsur menggoreng, melainkan direbus. Toge goreng adalah sebuah hidangan yang terdiri dari potongan lontong, mi telur kuning, irisan tahu goreng dan toge rebus. Campuran ini kemudian disiram dengan bumbu hangat ber­bahan dasar tauco dan oncom lalu ditaburi kerupuk. Dengan sen­sasi rasa manis dan asin yang unik serta kecap manis sebagai tam­bahan, makin me­nambah kenik­matan toge goreng terse­but.

Baca Juga  Restoran ala Militer Milik Dua Artis

Untuk sepi­ring toge go­reng dengan porsi melim­pah hanya dipatok Rp8.000. Se­buah harga yang terbilang cukup murah, namun bisa membuat perut kenyang. Makanan khas satu ini masih menjadi salah satu jenis makanan yang digemari dan ba­nyak dicari wisatawan dalam dan luar negeri maupun warga Bogor.

Mang Gebro sendiri merupakan orang yang pertama kali mempopulerkan makanan ini hingga diteruskan anak keturunannya sejak 1967. Nama Gebro memiliki arti “melimpah”. Julukan ini diberikan pelanggan yang merasa Mang Gebro selalu memberikan porsi besar (segebro) tanpa pernah dikurangi, karena banyak pembeli yang antre. Se­dangkan nama asli pemi­liknya yaitu Sani’un. (ksm/rez/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *