Harga Bawang Merah Dan Putih Kompak Naik

by -
MAHAL : Menjelang Ramadan, harga Bawang Merah dan Bawang Putih hingga Tomat terus mengalami kenaikan.

METROPOLITAN – Bulan puasa yang tinggal menghitung hari, membuat sejumlah kebutuhan pokok terutama sayur-mayur merangkak naik. Kenaikan paling dirasa adalah bawang merah, bawang putih dan tomat.

Kertiga  bumbu dapur itu minggu lalu mengalami kenaikan hingga Rp25.000 per kilogram. Tapi dua hari terakhir ini, keduanya kembali naik antara Rp3.000 hingga Rp5.000 per kilogram. Kenaikan ini tentu saja memberatkan warga maupun pedagang.

Pedagang sayur di Pasar Koja, Jakarta Utara, Wahyuni, mengeluhkan bahwa setiap minggu ada saja kebutuhan pokok yang naik. “Kami sebagai pedagang kadang bingung, naiknya tiba-tiba, sehingga kami sering mendapat komplain dari pembeli,” terangnya.

Warga Lagoa, Koja itu melanjutkan, bawang merah dan bawang putih naik cukup tinggi. Minggu lalu harga bawang merah dari Rp25.000 naik menjadi Rp45.000 dan kemarin naik lagi menjadi Rp50.000. Begitu pula bawang putih dari Rp30.000 kini naik menjadi Rp55.000, kemudian naik lagi menjadi Rp60.000. Tak mau ketinggalan, harga tomat yang semula Rp14.000 naik juga menjadi Rp17.000.

Baca Juga  Menjelang Keputusan Ahok, Hakim Diminta Tidak Membaca Medsos

Keluhan yang sama disampaikan Ade, pedagang asal Bogor, Jawa Barat. Menurut dia, sejak ada kenaikan harga dagangannya sepi pembeli. Kalau seperti ini terus, ia khawatir pedagang akan gulung tikar. “Setiap minggu ada yang naik. Kalau begini terus pembeli jadi sepi. Makanya kami mohon pemerintah segera menekan harga. Kalau tidak kami khawatir pedagang bisa gulung tikar,“ terangnya.

Pria yang sudah tiga tahun berjualan sembako itu berharap pemerintah mengambil langkah untuk menormalkan kembali kebutuhan polok seperti semula. Sebab, selama ini jika harga ada penurunan sangat sedikit sehingga warga masih terbebani. (pk/ suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *