Jadikan LSM sebagai Tempat Curhat Warga

by -

Metropolitan – Kapolresta Sukabumi AKBP Susatyo Chandra Purnomo memiliki cara tersendiri dalam menjaga keamanan di wilayahnya. Kali ini dilakukan dengan cara meminta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kompak untuk menjadi tempat curhat warga. Hal itu disampaikan Susatyo saat menggelar ngariung bareng DPP LSM Kompak di salah satu vila di Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, kemarin. Menurut Susatyo, LSM yang baik adalah lembaga yang bisa mengikuti perkembangan zaman. Mereka harus bisa memosisikan diri menjadi tempat curhatnya masyarakat dalam berbagai hal. Untuk itu, LSM Kompak harus bisa memberikan solusi untuk masyarakat, bukannya malah meresahkan. “LSM zaman now adalah LSM yang tidak meresahkan masyarakat. Maka mari kita jaga kondusivitas Kota Sukabumi bersama-sama. Jadilah LSM yang memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat,” katanya.

Baca Juga  Prabowo Diminta Teladani Grace

Sementara Ketua Umum DPP LSM Kompak, Idod Juhandi, menyambut baik usulan yang disampaikan kapolresta. Bahkan ia meyakinkan tidak akan segan menindak tegas jika ada anggotanya yang kedapatan melakukan tindak pelanggaran di luar tupoksi LSM sebagai kontrol sosial pemerintahan. “Apabila ada anggota kami yang melanggar hukum, kita serahkan pada yang berwajib,” yakinnya. Di sisi lain, Idod mengaku pertemuan itu tidak ada sama sekali kaitannya dengan politik, meski turut dihadiri Ketua DPRD Kota Sukabumi Yunus Suhendi. “Ini kegiatan silaturahmi biasa karena kami adalah bagian dari masyarakat Kota Sukabumi,” ucapnya.

Menurutnya, kehadiran perwakilan DPRD hanya sebatas DPRD yang merupakan bapak dari semua warga. Sehingga bukan hal yang salah ketika salah satu DPRD ikut andil mendengarkan apa yang menjadi keinginan dan keluhan seorang anaknya, dalam hal ini masyarakat Sukabumi. “Tidak ada unsur kampanye. Kegiatan seperti ini ke depan akan terus kami agendakan secara rutin dan kami pastikan LSM Kompak akan terus menjadi lebih baik sesuai apa yang diharapkan Bapak Kapolresta,” ujarnya. (dna/ade/rez/run)

Baca Juga  Waspada Ancaman Badai Siklon Tropis

Leave a Reply

Your email address will not be published.