Jelang Ramadan, Harga Sembako Stabil

by -
GIRANG: Harga sembako yang stabil jelang Ramadan membuat pedagang dan konsumen senang

METROPOLITAN – Harga kebutuhan bahan pokok dan sayur-mayur di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, cenderung stabil. “Stabil. Bawang putih dan timun yang belakangan stoknya menipis, barusan dapat info, lusa kondisinya sudah stabil lagi. Mudah-mudahan sampai nanti jelang puasa pasokan tetap aman,” ujar Winanto (35), salah satu pedagang sembako.

Sementara itu, lanjut Winanto, harga sembako lain tetap stabil tanpa ada kenaikan yang signifikan. Sekalinya ada, kenaikan hanya berkisar di Rp300 hingga Rp500. Begitupun dengan pasokan gudang, semua stok tersedia dengan aman. ”Sembako seperti cabai rawit, tomat, bawang merah dan sayur-mayur masih aman. Tidak benar kalau banyak orang mengatakan harganya naik,” katanya.

Baca Juga  Beli Ponsel Lenovo, Dapat Bonus Memory Card 8GB

Sekadar diketahui, harga cabai merah keriting saat ini turun Rp3.000 menjadi Rp20.000. Selanjutnya cabai rawit merah tetap dengan angka di Rp30.000 per kilogram, cabai rawit hijau Rp20.000 kilogram, cabai merah besar Rp.40.000, bawang putih kating Rp60.000, bawang putih biasa Rp44.000, bawang merah Rp40.000.

”Harga cabai rawit merah sempat mengalami kenaikan hingga 100 persen. Hal itu terjadi selama dua hari setelah masa pencoblosan pemilu 17 April 2019 lalu. Tapi sekarang stabil,” jelasnya. Di tempat yang sama, penjual beras bernama Qurtubi mengatakan, pasokan beras premium maupun jenis biasa terpantau aman. Tak ada kebijakan meski sebentar lagi memasuki Ramadan.

Ia menuturkan, harga beras premium tetap di Rp12.000 per kilogram. Sedangkan beras medium berkisar Rp11.000. Adapun beras dengan jenis ketan putih berkisar Rp16.000 dan beras jenis ketan hitam berkisar Rp24.000. ”Kalau beras saya pastikan harganya aman terkendali. Belum ada kenaikan atau kekurangan stok. Masyarakat juga bisa membeli sebanyak yang mereka mau. Tidak usah khawatir dengan kekurangan,” tutupnya. (tib/suf/run)

Baca Juga  Harga Sembako Jelang Lebaran Stabil, Cabai Naik

Leave a Reply

Your email address will not be published.