Kereta Jadi Pilihan Utama Pemudik

by -

METROPOLITAN – Kereta api semakin diminati masyarakat. Itu terbukti dari banyaknya permintaan tambahan armada dan tiket yang habis jauh-jauh hari. Kepala Badan Litbang Perhubungan Sugihardjo menyampaikan hal tersebut dengan mengutip laporan hasil survei terhadap karakteristik penggunaan moda angkutan mudik oleh warga Jabodetabek.

Survei itu menunjukkan sebagian warga mulai beralih menggunakan moda kereta api sebagai angkutan mudik Lebaran 2019. “Memang yang akan mengalami kenaikan antara lain adalah kereta api kelas bisnis naik 0,2 persen dan kereta api kelas ekonomi naik 0,4 persen. Penggunaan moda yang berpotensi menurun jika dibandingkan moda yang dipilih pemudik pada 2018 seperti pesawat turun 0,2 persen, sepeda motor turun 0,3 persen dan mobil pribadi turun 0,9 persen,” tuturnya.

Menurut catatannya, karakteristik penggunaan moda oleh para pemudik Jabodetabek yang terbanyak adalah menggunakan bus sebanyak 4.459.690 orang (30 persen), mobil pribadi 4.300.346 orang (28,9 persen), kereta api 2.488.058 orang (16,7 persen), pesawat 1.411.051 orang (9,5 persen) dan sepeda motor 942.621 orang (6,3 persen). Sementara sisanya menggunakan moda lain.

Sugihardjo menyatakan pemilihan rute perjalanan merupakan faktor yang juga tidak kalah penting dalam melakukan perjalanan mudik Lebaran yang juga ditanyakan dalam survei tersebut terhadap pengguna mobil maupun pengguna sepeda motor.

“Pemudik yang menggunakan mobil pribadi terbanyak yaitu 40 persen atau sekitar 399.962 mobil akan melalui Tol Trans Jawa. Hal ini karena waktu tempuh hanya berkisar sepuluh jam, tergantung volume kendaraan yang melewati rute tersebut,” paparnya.

Namun mengingat rute tersebut akan menjadi ruas utama yang akan dilalui pemudik, maka fasilitas-fasilitas yang ada perlu dilengkapi untuk mendukung kenyamanan pemudik seperti rest area, bengkel, pom bensin dan fasilitas pendukung lainnya.

Pemudik yang menggunakan sepeda motor sebagian besar yaitu 56,9 persen atau sebanyak 280.687 sepeda motor akan melalui jalan alternatif. Karena itu, pemasangan perlengkapan keselamatan dan penempatan posko Lebaran serta tempat istirahat di jalur alternatif mudik sangat perlu jadi perhatian untuk keselamatan perjalanan para pemudik. Pada arus mudik Lebaran 2019 ini, puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada 31 Mei 2019 (H-5) dengan perkiraan waktu keberangkatan terjadi pada pukul 06:00-08:00 WIB. (tib/mam/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *