Masuk 100 Besar Dunia Pengelolaan SDGs

by -
BELAJAR: Suasana belajar di ruang perkuliahan di IPB.

METROPOLITAN – Institut Pertanian Bogor (IPB) masuk jajaran 100 besar dunia untuk pengelolaan Sustainable Development Goals (SDGs) atau tujuan pembangunan berkelanjutan berdasarkan Times Higher Education (THE) University Impact Rangkings.

Direktur Program Internasional IPB, Iskandar Zulkarnaen Siregar, mengatakan, sistem perankingan baru ini dikembangkan tak hanya melihat output riset, seperti jumlah publikasi internasional yang dipandang bias. Namun aspek stewardship seperti penggunaan sumber daya yang dimiliki secara adil dan seimbang serta aspek outreach yang mencakup pelibatan stakeholder dalam bekerja sama dari program dan kegiatan yang dilaksanakan suatu perguruan tinggi dengan basis bukti. ”Jadi, dampaknya terlihat dan dapat diukur dari kriteria SDGs yang digunakan,” kata Iskandar.

Baca Juga  IPB Buka Kuota 4.250 Mahasiswa Baru

Sementara itu, Rektor IPB, Arif Satria, mengatakan, metodologi pemeringkatan yang dilakukan lembaga independen tersebut baru pertama kali ada. Pemeringkatan ini mengakomodasi aspek tridarma perguruan tinggi, tidak hanya terbatas pada kualitas riset dan pengajaran.

”Dalam hal inovasi, IPB terus mendorong proses bisnis yang kondusif dan menciptakan ekosistem inovasi yang mendukung. Selama dua tahun berturutturut (2017-2018) IPB mendapatkan penghargaan Widyapadhi dari Kemenristekdikti,” kata Arif.

Penghargaan tersebut adalah Penghargaan Widyapadhi yang merupakan anugerah untuk mengapresiasi prestasi perguruan tinggi dalam membangun sistem inovasi. Salah satu infrastruktur yang saat ini sedang dikembangkan adalah IPB Science Techno Park.(re/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.