Ramai-ramai Wujudkan Pemilu Sukses

by -

METROPOLITAN – Pelantikan ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kelurahan Sukaresmi, Kecamatan Tanahsareal, Kota Bogor, resmi digelar di ruang rapat Kelurahan Sukaresmi, kemarin.

Lurah Sukaresmi Susanto mengaku pihaknya sebagai aparatur pemerintah setempat membantu memfasilitasi tempat, termasuk mengimbau para petugas KPPS menjaga integritas dalam pemilu serentak tersebut. ”Ya harus netral. Kalaupun ada masalah di Tempat Pemungutan Suara (TPS) harus segera diselesaikan hari itu juga,”tegasnya, kemarin.

Ia berharap pemilu tahun ini berjalan dengan baik dan sukses tanpa ekses. Sementara itu, anggota PPS Kelurahan Sukaresmi Bidang Data Wawan Setiawan menjelaskan, sebanyak 44 TPS akan tersebar di tujuh RW dan 33 RT. Nantinya setiap TPS akan ada petugas KPPS sebanyak tujuh personel, ditambah dua petugas linmas. ”Total dari setiap TPS ada sembilan orang. Secara keseluruhan tercatat 308 anggota KPPS di setiap TPS,” jelasnya.

Kendati begitu, mereka juga memiliki tugas untuk memberi undangan C6 kepada para Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Sukaresmi yang saat ini terdata sebanyak 8.818 jiwa. Tak hanya itu, mereka juga yang nantinya menghitung hasil pungutan suara di bilik TPS.

Baca Juga  BPN Ajak Warga Jadi Saksi TPS lewat Aplikasi HP

”Tahun ini berbeda dari pemilu sebelumnya. Jadi penghitungan akan dimulai pukul 13:00 WIB dan ditutup hingga pukul 12:00 WIB pada keesokan harinya (17-18/4). Hal ini karena banyaknya surat suara pada pemilu serentak ini,” tandasnya. Ia berharap pesta demokrasi tersebut berjalan aman dan kondusif. (yos/c/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *