Rapat Pleno PPK Ciseeng Tumbangkan Dua Orang

by -

METROPOLITAN – Ciseeng Dua petugas penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kecamatan Ciseeng jatuh pingsan saat rapat pleno terbuka penghitungan suara di gedung PGRI Kecamatan Ciseeng. Kedua petugas langsung diberikan pertolongan petugas lainnya ke Puskesmas Tajurhalang. Informasi yang dihimpun, keduanya pingsan diduga karena mengalami kelelahan karena beratnya tugas pelaksanaan pemilu serentak tahun.

Menurut Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ciseeng, Agung Hadi Wibowo, kedua petugas yang sempat tidak sadarkan diri tersebut adalah anggota Panwaslu Desa Cihoe Malih (42) dan petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Karihkil Rani. ”Diduga keduanya kelelahan sehingga jatuh pingsan. Bersyukur segera ditangani pihak medis di Puskesmas Ciseeng dan saat ini kondisinya sudah kembali membaik,” katanya.

Ia menambahkan, tahapan pemilu serentak tahun ini memang sangat padat dan melelahkan. Semua penyelenggara pemilu harus kerja maraton dan ekstra guna menyukseskan setiap tahapan pemilu yang harus dijalani. ”Rata-rata petugas penyelenggara pemilu sejak H-1 sampai hari pelaksanaan pencoblosan tidak tidur. Lalu berlanjut dengan tugas berikutnya yaitu rekapitulasi di tingkat kecamatan,” ujarnya.

Terkait rapat pleno terbuka penghitungan suara di tingkat kecamatan, Agung mengungkapkan, secara umum berjalan lancar dan tidak ada masalah serius. Hanya saja tanggung jawab penyelenggara pemilu di tingkat bawah semakin banyak dan berat. ”Penghitungan hanya dilakukan di KPPS dan langsung ke tingkat PPK atau kecamatan. Jadi tidak ada penghitungan di tingkat PPS atau desa. Hal ini yang membuat kerja kawan – kawan makin maraton. Apalagi tahun ini Pemilu serentak Pilpres dan Pileg,” terangnya.

Menurut pria yang sudah ikut berkecimpung dalam penyelenggaraan pemilu sejak 2009 ini, pelaksanaan pemilu 2019 adalah pemilu dengan tugas terberat. ”Semoga menjadi bahan evaluasi ke depan. Karena petugas pelaksana pemilu di level bawah paling merasakan beratnya tanggung jawab,” ujarnya.(khr/b/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *