Tekan Harga Bawang, Mendag Gelar Operasi Pasar

by -
MAHAL: Terus meroketnya harga bawang di pasaran, membuat Kemendag gerah dan melakukan OP.

METROPOLITAN – Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita, menyampaikan Operasi Pasar (OP) bawang putih yang telah berlangsung di beberapa daerah di Indonesia mampu menekan harga jual komoditas tersebut di pasar yang mengalami kenaikan cukup signifikan.

Melalui OP, bawang putih dijual langsung ke konsumen sebesar Rp32.000 per kg. ”Dengan OP secara kontinyu, maka akan memberikan jaminan pasokan ke pasar serta mampu menekan harga di pasar seluruh daerah di Indonesia, sehingga kembali pada level harga normal yaitu di kisaran Rp25.000 per kg,” jelasnya.

Sejak 18 April 2019, OP bawang putih telah dilakukan di beberapa daerah, seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Lampung, Jambi, dan Riau. Selain itu, OP bawang putih ini akan dijadwalkan di beberapa daerah lainnya.

Baca Juga  Enam Pasar Baru Butuh Lahan

Pada OP tersebut telah digelontorkan 226,2 ton bawang putih dan memberikan dampak yang positif, yaitu menurunkan harga komoditas ini. Begitu pula di DKI Jakarta yang kenaikan harganya kini sudah di bawah 5% dan sudah mulai meredam.(ktn/suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.