DKM Mesra Ingatkan Pentingnya Ilmu Ikhlas

by -
SAMPAIKAN: Mama Yasir dari Bakom tengah menyampaikan isi ceramah dalam kegiatan Kultum Tarawih di Masjid Raya Kota Bogor, kemarin.

METROPOLITAN – Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Raya (Mesra) Kota Bogor menggelar Kultum Tarawih, kemarin. Kegiatan ini mengusung tema pentingnya ilmu ikhlas. Hadir dalam kegiatan ini, Mama Yasir dari Bakom yang juga penceramah dalam Kultum Tarawih. Menurut Mama Yasir, ikhlas merupakan inti amal dan penentu diterima tidaknya suatu amal di sisi Allah.

Amal tanpa ikhlas bagaikan amal tanpa isi, raga tanpa nyawa, pohon tanpa buah, awan tanpa hujan, anak tanpa garis keturunan dan benih yang tidak tumbuh. Apalagi, sambung dia, zaman sekarang sangat sulit menggapai nilai keikhlasan. Alasannya sederhana, hanya untuk memperkaya diri. Sebab untuk mencapai ikhlas tak semudah membalikkan telapak tangan.

 Artinya tanpa adanya niat tulus dan benar sulit mencapainya. Sebagai umat muslim, ia berharap sudah selayaknya memiliki niat yang fokus di hati, bukan di lisan. “Jika seseorang berniat dalam hatinya dan tidak mengucapkannya dengan lisan, itu sudah cukup. Sesuai pesan Syekh abdul Qadir al-Jailani bahwa orang yang tidak mengawali perbuatan dengan niat sama saja dengan tidak berbuat,” katanya.

Sementara itu, Ketua DKM Masjid Raya Kota Bogor, Ahmad Fathoni, menyampaikan ikhlas menghadirkan niat dalam semua perbuatan dan ucapan. Sebagai seorang hamba, setiap umat muslim sepatutnya melakukan ketaatan dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT tanpa ada tujuan lainnya. (rez/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *