Misi Tajamkan Taji

by -
Soccer Football - Champions League Semi Final First Leg - FC Barcelona v Liverpool - Camp Nou, Barcelona, Spain - May 1, 2019 Liverpool's Alisson and team mates react after conceding their second goal scored by Barcelona's Lionel Messi Action Images via Reuters/John Sibley

METROPOLITAN – menghadapi Barcelona di Camp Nou, tengah pekan kemarin, membuat tugas Liverpool kian berat. Pasukan Klopp harus menang dengan selisih empat gol untuk membalikkan keadaan saat menjamu Barcelona di Anfield. Hal itu hanya bisa dilakukan si Merah jika mampu mengambil pelajaran dari kekalahan di Camp Nou, seraya membuktikan bahwa mereka masih bertaji.

Namun taji saja belum cukup bagi Liverpool untuk mengatasi Barcelona. The Reds harus bisa mempertajam taring mereka sejak dini, melalui lawatan ke kandang Newcastle pada laga nanti. “Kekalahan di Camp Nou adalah pengalaman dan kami akan belajar dari itu. Kami membuat hidup kami tidak mudah dengan hasil akhir ini, namun laga melawan Newcastle akan kami jadikan titik balik dari semua ini,” kata Klopp, seperti dikutip Liverpool Echo.

Namun pentingnya laga melawan Newcastle, jelas bukan tanpa risiko. Liverpool wajib menang demi menjaga jarak dengan pimpinan klasemen, Manchester City yang akan menjamu Leicester City, Selasa (7/5) dini hari WIB. Dengan 91 poin di tangga kedua, Liverpool hanya terpaut satu angka di bawah City. Mau tidak mau, Klopp harus menurunkan kekuatan penuh di St James’ Park yang bisa berisiko mengurangi kebugaran para pemain jelang menjamu Barcelona.

Belum lagi risiko bakal hancurnya mental para pemain jelang melawan Barcelona, apabila gagal mencuri tiga angka dari kandang Newcastle. Untungnya, Newcatle tidak punya ambisi apa pun untuk menjaga poin penuh pada laga nanti. Tim asuhan Rafael Benitez itu sudah dipastikan bertahan di Liga Primer dan gagal berlaga di panggung Eropa musim depan dengan dua laga tersisa musim ini. Dengan 42 poin, Newcastle sebelas angka di atas zona merah dan 23 angka di bawah zona Eropa. Namun usaha Liverpool mempertajam taji, jelas bukan hal mudah.

Apalagi Benitez yang pernah menukangi Liverpool di era 2004-2010, sudah pasti mengenal karekter permainan si Merah pada laga nanti. Pada laga lainnya di hari yang sama, misi serupa dengan Liverpool juga bakal diemban Tottenham Hotspur saat melawat AFC Bournemouth. Sementara West Ham United menjamu Southampton, Wolverhampton Wanderers vs Fulham dan Cardiff City vs Crystal Palace. (pos/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *