Tarif MRT Mulai Normal, Paling Mahal Rp14 Ribu

by -

METROPOLITAN – Pemberlakuan diskon tarif 50 persen untuk penggunaan layanan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta sudah berakhir per 12 Mei 2019. Mulai hari ini, PT MRT Jakarta akan menetapkan tarif normal sesuai Peraturan Gubernur Pro­vinsi DKI Nomor 34 Tahun 2019 tentang Tarif Angkutan Perkeretaapian Mass Rapid Transit dan Kereta Api Ringan/Light Rail Transit.

Tarif minimal MRT Jakarta adalah Rp3.000 dan tarif maksimal MRT Jakarta Rp14.000. Untuk melakukan pembayaran perjalanan dengan MRT Jakarta, masyarakat dapat menggunakan Kartu Jelajah Single Trip yang dapat dibeli di loket dan mesin tiket otomatis di setiap stasiun MRT Jakarta, kartu JakLingko, kartu uang elektronik bank yang diterbitkan Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Central Asia (BCA) dan Bank DKI.

Pihak PT MRT menilai tidak akan ada penurunan jumlah penumpang. Meskipun diskon tarif sebesar 50 persen sudah tak lagi berlaku. ”Kami masih optimis karena kami sudah lakukan survei sebelumnya dan sosialisasinya kami targetkan kepada yang akan terdampak oleh harga ini,” kata Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Muhamad Kamaludin.

Ia melanjutkan, sosialisasi pemberlakuan harga tiket normal ini diutamakan kepada penumpang yang sehari-hari beraktivitas dengan MRT. Seperti pekerja ataupun karyawan. Sosialisasi dan survei ini telah dilakukan pihak MRT sejak 1 Mei 2019 melalui media, koridor stasiun hingga kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan PT MRT Jakarta.

Menurut Kamaludin, sejauh ini tak ada keluhan terkait akan diberlakukannya tarif normal tersebut. Masyarakat juga mengetahui bahwa tarif MRT sejak 2 April 2019 hingga 12 Mei 2019 adalah tarif diskon. ”Jadi walaupun banyak yang menikmati diskon kemarin, mereka juga ekspektasinya sudah paham bahwa itu diskon sementara. Sampai sekarang kami memantau tidak ada keluhan. Semoga saja akan begitu terus, tidak ada keluhan untuk kenaikan harga ini,” jelas Kamaludin.

PT MRT Jakarta meyakini jumlah penumpang harian MRT nantinya akan sama dengan jumlah penumpang saat masih bertarif diskon. Sekadar diketahui, rata-rata jumlah penumpang harian MRT saat masa diskon sebesar 82.615 penumpang per hari. ”Kami masih akan targetkan sekitar 80.000-an per hari. Masih sama,” tutur Kamaludin.

Dengan penerapan tarif normal tersebut, pihak MRT berjanji akan melakukan peningkatan kualitas layanan. Salah satunya adalah memperbanyak integrasi MRT dengan moda transportasi lain agar mempermudah mobilitas. (de/feb/run

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *