Yakinkan Ramadhan Ini Terakhir Untuk Kita

by -

METROPOLITAN – Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam menjalankan Ramadan. Seperti yang dilakukan Ketua MUI Kecamatan Cibinong, KH Endang Sudarmatin. Bapak satu anak ini memiliki kiat-kiat tersendiri dalam menjalankan perintah agama yang masuk rukun Islam tersebut. Seperti apa ceritanya? Berikut petikan wawancaranya dengan Harian Metropolitan:

Apa kesibukan kiai saat bulan puasa seperti saat ini?

Seperti yang lain, paling mengurus dan mendampingi jamaah, tadarus ibu-ibu bada salat Duha. Tapi untuk bapak-bapak dan remaja bada Tarawih dan dilanjutkan bada Subuh dengan kajian fiqih Ramadan.

Menurut kiai seperti apa makna ramadan itu?

Makna Ramadan adalah untuk membersihkan dosa dan hati dari segala bentuk dan warna yang akan membinasakan kita dan menghancurkan kehidupan di akhirat kelak.

Bagaimana caranya agar berpuasa tetap bugar dan sehat?

Insya Allah dengan menikmati dan menjalankannya dengan enjoy dan yakinkan ini adalah Ramadan terakhir dalam hidup kita, sehingga kita menjadi sungguhsungguh.

Bagaimana cara kiai membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan?

Di bulan suci Ramadan ini, semua punya kesibukan. Tapi semua mengalir sesuai situasi mana yang lebih prioritas, maka yang lain harus mengerti dan memahami.

Apa pesan kiai bagi yang sedang berpuasa?

Pesan untuk semuanya mari kita jalani Ramadan tahun ini dengan maksimal agar kita mendapat pahala berlimpah.(mul/c/rez/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *