5.000 UMKM Bakal Di Beri Pendamping

by -
RAPIKAN: Seorang perajin tengah merapikan sarung tinju di rumahnya, Kebonpedes, Kota Bogor. Sebanyak 5.000 UMKM di Jawa Barat bakal diberi pendamping.

METROPOLITAN – Kabar gembira bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Jawa Barat. Sebab, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menargetkan untuk mendorong 5.000 UMKM di Jabar naik kelas tahun ini.

Hal ini seperti yang disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Jabar, Kusmana Hartadji. “Tahun ini target dari Pak Gubernur (Ridwan Kamil) 5.000 UMKM naik kelas,” ujarnya. Salah satu cara yang dilakukan agar UMKM naik kelas adalah dengan pendampingan. Satu pendamping memegang 13 UMKM. Mereka akan mengidentifikasi, memberikan pendampingan dalam pelaporan keuangan, pemasaran, temu bisnis dan lainnya.

Untuk naik kelas, UMKM memiliki banyak tantangan. Mulai dari inovasi, pasar, kesinambungan usaha, kontinuitas produk hingga digitalisasi. Dengan pendampingan, ia berharap tantangan tersebut bisa ditaklukan. Ujungnya, UMKM bisa naik kelas dengan indikator peningkatan omzet dan aset. “Tidak ada kriteria khusus berapa kenaikan omzet dan aset. Setidaknya naik 10- 20 persen,” katanya.

Sebanyak 5.000 UMKM sendiri dipilih melalui seleksi. Syaratnya, UMKM yang memiliki omzet minimal Rp100 juta per tahun bisa mendaftar. Lalu, pihaknya menyeleksi untuk pendampingan yang dilakukan dalam dua tahap. Sebenarnya syarat minimal yang diajukan dinas adalah beromzet Rp300 juta, namun yang mendaftar sedikit.

Baca Juga  Kadin Pacu Kinerja Manufaktur

Hingga akhirnya panitia menurunkan syarat menjadi Rp200 juta kemudian diturunkan lagi jadi Rp100 juta. “Omzet Rp300 juta itu sudah masuk kriteria usaha kecil. Terkadang pengusaha kecil ada yang beranggapan tak perlu lagi pendampingan,” ungkapnya. Menurut data sensus ekonomi Badan Pusat Statistika (BPS) 2016, jumlah UMKM di Jabar nonpertanian mencapai 4,6 juta. Jika digabungkan dengan pertanian jumlahnya mencapai 9,1 juta. “Dari jumlah itu, yang tergolong usaha kecil sekitar 150.000,” pungkas dia. (kps/ feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *