5 Gerakan Ini Bikin Tubuh Tetap Bugar

by -

METROPOLITAN – Setelah puas makan saat Lebaran, kali ini waktunya berolahraga. Sebelum berangkat bekerja atau memulai aktivitas lainnya, Anda bisa berolahraga dengan gerakan simpel pada pagi hari. Berolahraga di pagi hari selain membuat tubuh bugar, juga bisa membuat mood lebih baik sepanjang hari. Nggak perlu ke pusat kebugaran, cukup luangkan waktu beberapa menit. Berikut gerakan simpel yang bisa Anda pilih untuk berolahraga:

  1. Stretching

Stretching atau peregangan sangat dianjurkan ketika bangun tidur. Melakukan peregangan pada pagi hari bisa meningkatkan fleksibilitas dan melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Lakukan peregangan dengan merentangkan tangan di atas kepala, condongkan ke setiap sisi dan membungkuk untuk menyentuh jari-jari kaki. Jangan lupa meregangkan leher, punggung bagian bawah dan dada.

  1. Yoga
Baca Juga  7 Jenis Makanan yang Baik dan Sehat Untuk Berbuka Puasa

Tak harus jadi praktisi yoga agar bisa melakukan beberapa gerakan sebelum memulai aktivitas. Mulai dengan beberapa pose pemula, seperti Cat-Cow Pose atau Downward Dog. Anda bisa melakukan variasi pose dengan kisaran waktu masingmasing tiga menit. Jika sudah terbiasa, tambahkan posisi yang lebih menantang, seperti Camel Pose atau Extender Side Angle. Cari posisi ternyaman dan lakukan gerakan itu secara rutin.

  1. Berjalan

Semua orang yang berusia di atas 3 tahun nampaknya bisa melakukan olahraga ini dengan mudah. Cukup berdiri dan berjalan di sekitar rumah atau taman. Jangan khawatir tentang berjalan jauh di pagi hari, sebab hanya beberapa ratus langkah sehari bisa membuat jantung lebih sehat dan tubuh lebih bugar.

  1. Squat thusts
Baca Juga  Bersihkan Wajah Bikin Kulit Lebih Sehat

Squat thusts atau burpee merupakan jenis gerakan yang memiliki intensitas sedang, karena menggabungkan antara kardio dan kekuatan otot juga penggabungan antara melompat, squat dan push up. Mulai dengan posisi berjongkok lalu posisi push up. Setelah itu baru angkat kedua tangan dengan satu gerakan kemudian berdiri.

  1. Naik turun tangga

Jika memiliki tangga dalam rumah, Anda bisa melakukan gerakan sederhana ini. Cukup dengan naik turun tangga lima sampai sepuluh kali pada pagi hari. Gerakan ini sangat baik untuk melatih kekuatan jantung, otot kaki dan paru-paru. Kalau ingin membuatnya lebih menantang, lewati beberapa anak tangga dan lompati beberapa di antaranya. Selamat berolahraga.(de/feb/py)

Baca Juga  Tiga Waktu Berolahraga Di Bulan Puasa

Leave a Reply

Your email address will not be published.