8 Daerah di Jabar Gelar Pilkada 2020

by -
ILUSTRASI: Pemilih saat menyalurkan hak pilihnya. Di 2020, akan ada delapan daerah di Jabar yang akan menggelar pilkada serentak.

METROPOLITAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak akan kembali digelar tahun depan, 2020. di Jawa Barat (Jabar), ada delapan daerah yang akan ikut dalam pilkada serentak tersebut.

Informasi yang dihimpun, kedelapan daerah tersebut yaitu Kabupaten Bandung, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Depok. Untuk itu, KPU Jabar meminta kedelapan daerah itu berkoordinasi sebagai bentuk persiapan.

“Kami sampaikan kepada delapan kabupaten/kota ini agar berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menyiapkan anggaran kebutuhan pelaksanaan pilkada 2020. Mengingat anggarannya masuk anggaran pelaksanaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD),” kata Ketua KPU Jabar Rifki Ali Mubarok. Selain persiapan anggaran, dirinya mengaku KPU Jabar masih menunggu regulasi terkait pelaksanaan pilkada 2010. Sebab, belum ada kepastian apakah masih menggunakan regulasi lama atau regulasi baru.

Baca Juga  Asyik... Siswa SMPN 2 Cisarua Punya Kelas Baru

“Makanya di 2019 ini diharapkan kabupaten/kota menyusun kebutuhan, baik menyangkut pengadaan logistik, honor untuk penyelenggara di tingkat PPK, PPS hingga KPPS,” terangnya. Di samping itu, KPU kabupaten/kota harus menyiapkan pelaksanaan tahapan seperti sosialisasi, pemutakhiran data pemilu, bimbingan teknis dan lainnya.

Sebelumnya, KPU memastikan pelaksanaan pilkada serentak akan kembali digelar pada 2020. Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan, pelaksanaan pilkada tersebut akan digelar pada September. ”Pelaksanaan pilkadanya September tahun depan, tapi tanggalnya belum. Nanti segera diputuskan,” ujar Arief. (rmol/fin/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.