Fadli Zon Minta Waktu Sidang Ditambah

by -

METROPOLITAN – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon berharap Mahkamah Konstitusi (MK) menambah masa sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 dari ketentuan yang berlaku selama dua pekan. Menurutnya, sengketa Pilpres bukan perkara sepele yang bisa diselesaikan hanya dengan waktu singkat. “Meski kita tahu UU menyatakan 14 hari (masa sidang), tapi ini soal masa depan bangsa,” kata Fadli Zon.

Politisi Partai Gerindra ini meminta semua pihak memahami permasalahan dalam sidang sengketa Pilpres yang cukup kompleks. Tambahan waktu yang sebelumnya disampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam menghadirkan saksi juga menjadi pertimbangan penambahan masa sidang.

Meski demikian, Fadli Zon sadar bahwa masa sidang sudah diatur oleh undang-undang. Oleh karenanya, ke depan jika usulan tersebut disetujui, maka UU perlu direvisi. ”Misalnya 21 hari dan sebagainya karena ini (masa sidang) terlalu cepat untuk sebuah Pilpres kalau ada sengketa,” ujarnya.

Baca Juga  Pasien RS tak Bisa Nyoblos

Di sisi lain, jika ada kesepakatan dari Badan Pemenangan Nasioal (BPN), Tim Kampanye Nasional (KPU) dan KPU, Fadli Zon yakin Majelis Hakim MK akan mempertimbangkan usulan perpanjangan waktu sidang. ”Mungkin ada semacam kesepakatan untuk memberikan waktu dan itu berguna bagi semua pihak juga,” tandas Fadli Zon. (rmol/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.