Kemendikbud: Hanya 6.541 Guru Honorer yang Lulus SKD

by -

METROPOLITAN – Pendaftaran CPNS 2019 nampaknya tak a k a n mengakomodasi honorer K2 usia di atas 35 tahun. Mereka yang usianya tidak memenuhi syarat pendaftaran CPNS disarankan ikut mendaftar seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, menuturkan, guru honorer K2 berjumlah 157.210 orang. Dari angka tersebut, 6.541 orang di antaranya lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada tes CPNS 2018.

Muhadjir pun mempersilakan guru honorer K2 yang memenuhi persyaratan berkompetisi pada tes CPNS 2019. Yang berusia di atas 35 tahun bisa mengikuti jalur PPPK. “Istilah kami bukan guru honorer, tapi guru pengganti. Saat ini kami membutuhkan sekitar 900.133 guru PNS. Bisa diupayakan jumlahnya kurang dari itu. Caranya, mewajibkan satu guru mengajar dua mata pelajaran,’’ terangnya.

Baca Juga  89.000 Guru Honorer Tak Ikut Rekrutmen PPPK

Mengenai soal tes CPNS, Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan, panitia seleksi nasional (panselnas) sedang mengevaluasi soal-soal yang dikeluhkan para peserta dalam seleksi tahun lalu. Meski begitu, tak lantas soal CPNS tahun ini mudah.

“Soal tahun ini memiliki tantangan yang berbeda dari sebelumnya. Istilahnya Kemendikbud dan Kemenristekdikti, bentuk soalnya itu HOTS (high order thinking skill),’’ kata Ridwan. (jpn/mam/py

Leave a Reply

Your email address will not be published.