PKB Jadi Partai Pertama Setor LHKPN

by -
SETOR LHKPN: PKB Jabar saat menyerahkan LHKPN ke KPU Jabar.

METROPOLITAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menerima berkas Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). LHKPN tersebut terdiri dari 12 berkas calon anggota legislatif (caleg) yang diprediksi lolos menjadi anggota DPRD Provinsi Jabar.

Komisioner KPU Jabar Divisi Teknis Endun Abdul Haq mengatakan, meski belum ada penetapan resmi, KPU mengapresiasi langkah PKB Jabar yang menyampaikan LHKPN lebih awal. Bahkan PKB menjadi partai pertama yang menyerahkan berkas tersebut. Selain karena sudah sesuai regulasi, penyerahan LHKPN itu merupakan wajib hukumnya bagi calon terpilih.

Endun menjelaskan pihaknya sampai saat ini belum mengetahui secara resmi calon anggota legislatif terpilih yang akan dilantik. Pasalnya, KPU Jabar masih menunggu selesainya sengketa pemilu 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK). “MK akan mengeluarkan BPK (Buku Registrasi Perkara Konstitusi) itu 1 Juli 2019. Kalau tidak ada yang menyengketakan, paling lama empat hari kemudian baru bisa pleno penetapan,” ujarnya.

Baca Juga  Bima Acungkan ‘Satu Jari’ Lagi

Endun juga menjelaskan, secara aturan, LHKPN sebenarnya bisa diserahkan paling lambat tujuh hari setelah penetapan calon legislatif. Namun dengan langkah yang telah dilakukan PKB, ia justru berharap agar bisa diikuti partai-partai lain. Yang paling utama, lanjut Endun, para calon terpilih harus memahami akan adanya sanksi tersebut. “Jika tidak menyerahkan LHKPN, maka calon terpilih tidak bisa dilantik sebagai anggota legislatif,” terang Endun. (kpu/fin/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.