THR Bikin Laba Ritel Melonjak?

by -
TIDAK SEIMBANG: Penjualan di toko ritel tak lebih baik dibanding tahun lalu. Sebab, ada ketidakseimbangan penjualan dari sektor makanan dan nonmakanan.

METROPOLITAN – Pemerintah dan perusahaan telah mencairkan Tunjangan Hari Raya (THR). Lalu, apakah ini mendongkrak penjualan di toko ritel kala Lebaran? Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Tutum Rahanta, mengatakan, pada dasarnya kondisi itu turut membantu. Hanya saja, kebutuhan masyarakat semakin meningkat.

”Itu sudah turut membantu (ada THR). Tetapi dengan uang yang ada saat ini keperluan lebih banyak lagi, meningkat bukan makanan dan pakaian saja tapi kebetulan bersamaan dengan anak sekolah, masuk sekolah, liburan semua faktor itu ketemu,” ungkapnya

Tutum menilai, penjualan di toko ritel tak lebih baik dibanding tahun lalu. Sebab, ada ketidakseimbangan penjualan dari sektor makanan dan non makanan. Dari sektor makanan, kata Tutum, turut meningkat sebesar 10%. Sedangkan sektor non makanan tumbuh stagnan seperti tahun lalu.

”Kalau food masih ok ada peningkatan kurang lebih 10%. Tapi kalau non food rada stuck sedikit, stagnan. Jadi tidak lebih baik (dibanding tahun lalu),” pungkasnya.(de/yok/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *