Asyik, Dispora Gelar Festival Ortrad

by -

METROPOLITAN – Kemarin, bertem­pat di area parkir Laga Tangkas dan Sa­tria Kompleks Stadion Pakansari, Festi­val Olahraga Tradisional (Ortrad) Kabu­paten Bogor resmi dibuka. Festival ini diikuti 30 tim dari beberapa SD, baik putra maupun putri.

Festival yang merupakan seleksi tim yang akan mewakili Kabupaten Bogor di Festival Ortad tingkat Jawa Barat di Pangandaran awal Agustus ini mem­pertandingkan lima cabang ortrad, ya­kni engrang, dagongan, tarumpah pan­jang dan hadang.

Plt Kadispora Kabupaten Bogor, Aman Muslihat, menuturkan, Festival Ortrad merupakan kebijakan Kementerian Pe­muda dan Olahraga. Olahraga tradisional ini hampir punah dan kebanyakan hanya ditampilkan satu tahun sekali.“Biasanya dipertandingkan pada peringatan 17 Agus­tus. Padahal, olahraga tradisional ini harus terus dilestarikan,” ujarnya.

Baca Juga  Markas Lanud Ats Disurati Purnawirawan

Sebab, olahraga tradisional ini sekali­gus sebagai upaya menekan ketergan­tungan anak terhadap penggunaan gawai. Ia berharap, festival ini bisa diikuti seluruh kecamatan di Kabupaten Bogor. “Dis­pora selama dua tahun mempersiapkan Festival Ortrad dan ini untuk pertama kali kita adakan,” katanya.

Lalu, Kabid Pembudayaan Olahraga Prestasi Dispora Kabupaten Bogor, Elwi Sulistianto, menambahkan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi ortrad ke daerah-daerah, khususnya guru olah­raga SD dan SMP. “Kita akan meraba ke guru olahraga, terrmasuk nanti ke ma­syarakat,” imbuhnya. (suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *