Idealnya Jumlah Petugas Damkar 1.143 Orang

by -

METROPOLITAN – Musim kemarau jadi tantangan pe­tugas Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk lebih sigap mengatasi kebakaran. Sekre­taris Dinas (Sekdis) Damkar Kabupaten Bogor Makmur mengakui sampai saat ini masih kekurangan personel.

Jika mengacu kepada Pera­turan Menteri Pembangunan Umum (PerMenPU) No 20 Tahun 2009 bahwa per 5.000 penduduk yang ada harus ada satu personel dan untuk per 30.000 penduduk harus ada satu unit mobil Damkar. Se­suai data, jumlah penduduk Kabupaten Bogor mencapai 5.715.009 jiwa, sehingga ke­butuhan petugas idealnya 1.143 orang dan mobil Dam­kar 190 unit. Sementara Dinas Damkar baru punya 192 pe­tugas dan 20 unit mobil. “Sangat jauh jika dibanding­kan dengan jumlah penduduk yang ada,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.

Untuk menyiasati berbagai macam hal teknis di lapangan, pihaknya sudah membuat nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Damkar di perbatasan wilayah. ”Kita ada kerja sama antardaerah dan sudah MoU, seperti Depok, Kota Bogor, Sukabumi, Cianjur, Kota dan Kabupaten Bekasi, Kabupaten Lebak, Kota dan Ka­bupaten Tangerang,” jelasnya.

Sementara itu, hingga Juli ini ada empat warga yang meninggal terpanggang akibat kebakaran. Jumlah tersebut terjadi dalam kurun waktu dua tahun sejak 2018-2019. Empat orang yang tewas ter­jadi dalam dua kasus keba­karan. Kebakaran pertama terjadi di Desa Batulayang, Kecamatan Cisarua perteng­ahan September 2018. Saat itu, kebakaran menewaskan tiga orang anak. (cr2/mg1/c/ els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *