Imigrasi Siap Punya Gedung Baru

by -

METROPOLITAN – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) merencanakan pembangunan gedung baru kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor di Jalan Jenderal Ahmad Yani Nomor 19. Ini dilakukan untuk me­ningkatkan pelayanan kepada ma­syarakat yang melakukan permoho­nan dokumen keimigrasian, baik Paspor Republik Indonesia maupun Izin Tinggal bagi Warga Negara Asi­ng (WNA).

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Rya­wantri Nurfatimah, menuturkan, kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bo­gor melayani rata-rata 250 pemohon paspor setiap harinya. Dengan pe­mohon sebanyak itu, kantor ini di­rasa belum cukup representatif. ”Kantor kita yang saat ini sudah tak mampu lagi menampung jumlah pemohon yang datang setiap harinya,” katanya.

Kantor Imigrasi Bogor yang baru, sambung Ryawantri, rencananya dibangun di tanah seluas 14.200 meter persegi dengan luas bangu­nan 5.141 meter persegi. Kantor ini akan dibangun dua lantai dengan satu basement. Lantai satu akan digunakan untuk pelayanan Paspor, lantai dua untuk pelayanan Izin Tinggal WNA serta basement untuk parkiran, baik roda dua maupun roda empat.

Dalam proses pembangunan ter­sebut, kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor bekerja sama dengan Di­nas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperumkim) Pro­vinsi Jawa Barat, Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daertah (TP4D) Ke­jaksaan Negeri Kota Bogor dalam pengawalan dan pengawasan selama proses pembangunan. ”Kami be­kerja sama dengan berbagai pihak untuk mengawal proses pembangu­nan agar sesuai peraturan yang ber­laku,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor, Su­hendra, mengungkapkan, secara umum pembangunan tersebut sudah berlangsung sejak akhir Juni. Proyek yang menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) itu harus sudah sele­sai pada Minggu (22/12), dengan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) sebesar Rp45 miliar. ”Se­moga pembangunan ini bisa selesai sesuai waktu yang sudah ditetapkan dan tak ada kendala dalam proses pengerjaannya,” harapnya.(ogi/b/ rez/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *