Lexus Siapkan Mobil tanpa Sopir

by -

METROPOLITAN – Gagasan mobil otonom dengan tekno­logi swakemudi belakangan banyak dibicarakan. Antar­ pabrikan bahkan telah bersiap diri dalam menyambut keha­diran mobil masa depan itu dengan saling berangkulan dengan bekerja sama mengembangkan mobil oto­nom yang paling sempurna. Mobil otonom sendiri se­perti namanya memiliki ke­mampuan untuk mengemu­dikan dirinya sendiri. Alih-alih manusia mengendalikan mobil untuk sampai ke tu­juan, dengan teknologi mobil otonom justru sebaliknya.

Mobil didesain sedemikian rupa dengan teknologi yang paling mutakhir agar bisa melayani manusia untuk sam­pai tujuannya. Bicara mobil otonom, Lexus punya pendapat sendiri. Di­jelaskan oleh General Mana­ger Lexus Indonesia, Adrian Tirtadjaja, menurut Lexus, mobil otonom dengan kemam­puannya tetap tidak boleh menghilangkan unsur keter­libatan manusia di dalamnya. “Bagi Lexus, kami ingin tetap menghadirkan sensasi dan kenyamanan berkendara.

Baca Juga  Mobil Mewah Dimodifikasi Menyerupai Semangka

Karena mengemudi itu me­nyenangkan,” ujarnya saat memamerkan mobil konsep Lexus LF-1 Limitless di booth­nya di GIIAS 2019, Senin (22/7). Adrian menambahkan, Lexus juga turut andil dalam tren mobil otonom. Namun Lexus membawa konsep ‘Bey­ond Autonomous Driving’, kombinasi antara kecanggihan teknologi dengan tetap menge­depankan kehadiran penge­mudi di balik kemudi mobil. “The future is always human. Kami ingin tetap canggih namun tidak menghilangkan peran manusia,” sambung Adrian.

Untuk mobil otonom, Lexus sendiri sudah bersiap dengan mobil konsep Lexus LF-1 Li­mitless. Lexus LF-1 Limitless kini mejeng di booth Lexus di pameran otomotif Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 sejak Kamis (18/7) hingga Minggu (28/7). Lexus LF-1 Limitless Concept memamerkan karya tekno­logi, inovasi, dan evolusi de­sain Lexus flagship SUV masa depan yang didefinisikan sebagai beyond autonomous driving, beyond artificial intel­ligence, dan beyond all limi­tations.

Baca Juga  Mobil Baru yang Meluncur di Pameran Otomotif Medan

Mobil tersebut juga dikatakan sebagai cerminan mobil Lexus di masa depan. Didesain dan diproduksi oleh Calty Design Research di Cali­fornia, Amerika Serikat, Lexus LF-1 Limitless Concept memi­liki perpaduan desain angular dan organic. Terinspirasi dari craftsmanship proses pem­buatan tempaan pedang sam­urai, Molten Katana, tampilan Lexus LF-1 Limitless Concept terlihat seperti lelehan besi yang mengalir dinamis, menghasil­kan guratan yang edgy dan futuristik.

Eksterior Lexus LF-1 Limit­less Concept didesain dengan Lexus signature spindle grill yang menerapkan 3D move­ment. Grill tersebut terinte­grasi dengan bumper depan, kap mesin, lampu dan fender. Selain itu, terdapat Panoramic Glass Roof yang memperkuat konsep ‘limitless’ dengan adanya atap kaca yang berla­njut dari depan ke belakang.

Baca Juga  Bunuh Suami dan Anak Tiri lalu Bakar Mayatnya

Interior Lexus LF-1 Limitless Concept didesain untuk men­jadi oase bagi pengemudi dan penumpangnya dengan men­gutamakan kemewahan dan kenyamanan. Dengan konfi­gurasi 2+2, Kokpit Lexus LF-1 Limitless Concept dirancang untuk membuat pengemudi berkonsentrasi dengan meng­gantikan semua tombol ana­log dengan motion sensors. Bagian pintu dan langit-lang­it dipercantik dengan fiber optic LED lighting yang laya­knya taburan bintang di langit.

Lexus LF-1 Limitless Concept mengusung teknologi imaji­natif yang akan terus disem­purnakan di masa mendatang seperti opsi variasi sistem gerak berbahan bakar fuel cell, hybrid, plug-in hybrid, bensin dan listrik. Keseluruhan kon­sep eksterior, interior, maupun teknologi Lexus LF-1 Limitless Concept berpotensi memben­tuk masa depan crossover mewah produk-produk Lexus. (jp/feb/py)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *