Manuver Nasdem di Balik Pertemuan Prabowo-Mega

by -
BERTANDANG: Ketum Gerindra Prabowo Subianto saat bertandang ke kediaman Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri, kemarin.

METROPOLITAN – Pertemuan Ketua Umum (Ketum) Nasdem Surya Paloh dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai sebagai manuver politik. Musababnya, acara yang berlangsung di kantor DPP Nasdem itu berbarengan dengan pertemuan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

Menurut Analis Politik Exposit Strategic, Arif Susanto, pertemuan Surya Paloh-Anies Baswedan itu dapat dibaca sebagai rangkaian upaya Surya maupun Nasdem untuk menegaskan posisi tawar mereka dalam Koalisi Indonesia Kerja. Sebelumnya, Nasdem menjadi tuan rumah pertemuan koalisi tersebut minus PDIP. ”Hal ini mengesankan bahwa Surya maupun Nasdem tampak percaya diri menghadapi berbagai manuver politik kawan maupun lawan,” katanya.

Kepercayaan diri Surya dan Nasdem muncul bukan sekadar karena perolehan signifikan suara Nasdem dalam pileg, melainkan juga karena pengaruh mereka selama ini cukup kuat dalam pemerintahan Jokowi-JK. Dengan manuver terakhir, Surya ingin membuka peluang lebih besar Nasdem dalam kabinet mendatang serta dalam pemilihan pimpinan MPR dan DPR tanpa menutup peluang lain untuk mengembangkan kerja sama politik dalam pilkada 2020 dan dalam pemilu 2024.

Baca Juga  Prabowo Kampanye lewat Video Call

Sementara itu, pertemuan antara Prabowo dengan Megawati yang bertepatan dengan pertemuan dirinya dengan Anies Baswedan, menurut Surya, merupakan suatu kebetulan saja. “Coba tanya Bung Anies, memang kebetulan,” ujarnya.

Surya mengaku tidak diberi tahu oleh PDIP ihwal pertemuan Mega-Prabowo itu. Meski demikian, Surya mengaku paham dan maklum. “Nggak perlu lah (PDIP memberi tahu, red) dan pertemuan sudah berlangsung, otomatik, memahami, memaklumi, menghargai,” ucapnya. Kendati demikian, Surya mengaku menghormati dan turut senang dengan pertemuan antara Ketum Partai Gerindra dan PDIP.

“Kami menghormati dan ikut senang juga. Silaturahmi seperti Bung Anies (Baswedan) bilang negeri ini butuh,” tutur Surya. Sekadar diketahui, Megawati bersama Prabowo melakukan pertemuan di kediaman Mega di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, kemarin. Prabowo tiba sekitar pukul 12:30 WIB, lalu dijamu makan siang dengan menu nasi goreng hingga bakwan. Dalam pertemuan itu, hadir pula elite Gerindra yaitu Ahmad Muzani dan Edhy Gerindra. Ada pula elite PDIP yaitu Puan Maharani, Prananda Prabowo, Pramono Anung dan Hasto Kristiyanto. Ketua BIN Budi Gunawan juga hadir. (med/dtk/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *