Mewujudkan Cinta Lama

by -

METROPOLITAN – Pensiun atau bermain? Tekateki masa depan Daniele De Rossi mendapat titik terang. De Rossi yang telah mengakhiri 18 musim karirnya bersama AS Roma memilih untuk terus merumput. Tapi, bukan klub Italia maupun Eropa yang menjadi pilihan gelandang 35 tahun tersebut. De Rossi memilih Boca Juniors. Klub yang seperti diunkapkan winger AS Roma asal Argentina, Diego Perotti, sebagai ’’cinta lama’’ Lele sapaan akrab De Rossi. Menurut Perotti, De Rossi sering bertanya kepadanya maupun Leandro Parades, gelandang asal Argentina yang pernah membela AS Roma perio de 2014–2017, tentang Boca. Perotti maupun Paredes mengawali karir di Boca. ’’De Rossi adalah fans Boca. Dia su dah menonton video-video Boca dan tentu saja mendendangkan La Marcha de Boca Juniors,’’ kata Perotti kepada Ole kemarin (18/7).

Seperti dilansir La Gazzetta dello Sport, bergabungnya De Rossi ke klub berjuluk Xeneizes itu sama sekali tak mengejutkan. Sebab, direktur olahraga Boca yang juga mantan setim De Rossi, Nicolas Burdisso, sudah memberikan sinyal ke datangan Lele sejak bulan lalu. Di Boca, De Rossi bakal mengeturin  Neymar Jr telah kem- bali ke Camp des Loges, kamp latihan Paris Saint Germain (PSG). Tetapi, tidak dengan isi hatinya. Sebab, Neymar masih mencari pintu keluar dari klub berjuluk Les Parisiens tersebut. Bukan lagi ke duo El Clasico, Barcelona dan Real Madrid, Neymar membuka kans pergi ke Juventus. Stasiun radio yang berbasis di Turin, RAI, melaporkan tentang rencana pertemuan Neymar Sr sebagai ayah sekaligus agen Neymar dengan Direktur Olahraga Juve Fabio Paratici. Pertemuan itu diklaim bisa ter jadi dalam pekan ini. ”Dia (Neymar) bukan prioritas Juve.

Namun, kalau peluang itu datang secara finansial, Juve tentu tak akan melewatkannya,” ungkap sumber RAI di internal Juve. Masalahnya, Barca yang telah me- nawarkan EUR 40 juta (Rp 626,3 miliar) ditambah dua pemain bernilai EUR 100 juta (Rp 1,56 triliun) seperti Philippe Coutinho dan Ivan Ra kitic hanya bisa gigit jari. PSG tetap kukuh dengan pendiriannya. Cuma mau melego bintang timnas Brasil tersebut dengan harga EUR 222 juta (Rp 3,47 triliun). Nominal itu jelas sulit di penuhi Barca yang sudah menghabiskan EUR 225 juta (Rp 3,53 triliun) di bursa transfer musim panas ini. Separo di antaranya digunakan untuk memboyong mantan striker Atletico Madrid nas tahun ini, Red),” tulis koran olahraga terkenal di Italia, Corriere dello Sport. Mengutip pernyataan Paratici di setiap bursa transfer, Juve bisa melakukan apa saja untuk mendatangkan pemain top.

Termasuk menyudahi ”opera sabun” dari Neymar. ”Selama tidak menyimpang (dari aturan UEFA tentang Financial Fair Play atau FFP, Red),” kata Paratici. Untuk menyiasati FFP, peraih scu detto delapan musim terakhir itu bisa melepas pemain. Paulo Dybala, Joao Cancelo, Douglas Costa, Blaise Matuidi, hingga Moise Kean termasuk nama-nama yang siap di korban kan demi Neymar. Opsi lain nya, Juve bisa mengajukan tawaran peminjaman untuk Neymar. Seperti yang dilakukan PSG terhadap Kylian Mbappe. Juve pun sangat berpengalaman soal ini. Kali terakhir Juve me lakukannya untuk Costa dari Bayern Muenchen pada musim lalu. Sementara itu, dini hari tadi WIB (19/7) De Ligt memberikan konferensi pers pertamanya sebagai pemain Juve. Bek 19 tahun itu sebelumnya menjelaskan alasannya memilih Juve dan bukan ke Barca maupun PSG yang juga meminatinya. ”Saya jatuh cinta dengan gaya bertahan klub-klub Italia.

Beberapa pemain yang jadi panutan saya berasal dari sini, seperti (Paolo) Maldini, (Franco) Baresi, (Alessandro) Nesta, (Fabio) Cannavaro, dan (Gaetano) Scirea. Saya ingin mengikuti jejak mereka,” tutur mantan pemain Ajax Amsterdam tersebut. (ren/c17/dns) Antoine Griezmann. Setali tiga uang dengan Barca, belanja Juve musim panas ini sudah mencapai EUR 115 juta (Rp 1,8 triliun). Angka itu sudah termasuk dengan menjadikan Matthijs de Ligt sebagai bek termahal kedua di dunia. Kemarin WIB (18/7) Juve mengonfirmasi nominal transfer De Ligt yang bernilai EUR 75 ju ta (Rp 1,17 triliun). Di bawah GBP 75 juta (Rp 1,3 triliun) milik Virgil van Dijk saat hijrah ke Liverpool pada Januari 2018. Tapi, dalam empat musim sebelumnya, belanja Juve lebih dari saat ini. Musim lalu, misalnya. Bianconeri mengha- bis kan EUR 261,5 juta (Rp 4,09 tri liun). Juga EUR 195,83 juta (Rp 3,06 triliun) pada musim panas 2016.

”(Masih ada ke mungkinan) Andrea Agnelli (presiden Juve, Red) dan Para tici melakukan operasi transfer tergila (di musim panakan nomor kesayangan nya, 16. K e betulan, hanya nomor itu dan 25 yang lowong da ri nomor skuad Boca saat ini (nomor 1 sampai 30). ’’Saya tak bisa mengakhiri karir saya tanpa pernah bermain untuk Boca Juniors,’’ kata De Rossi seperti dikutip La Gazzetta dello Sport. Namun, La Nacion membuat analisis bahwa De Rossi tak akan lama bergabung dengan Boca. Paling lama hingga Januari 2020. Kontraknya selama lima bulan pun ’’hanya’’ EUR 500 ribu (Rp 7,82 miliar). (dra/c19/dns)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *