Mister X Dominasi Orang Gila di Bogor

by -

METROPOLITAN.id – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bogor mencatat ada 130 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) selama kurun waktu 2018 hingga Juli 2019. Jumlah tersebut didominasi ODGJ yang berkeliaran di jalan-jalan atau ODGJ Mister X.

Untuk 2018, tercatat ada 108 ODGJ Mister X. Dengan rincian ODGJ laki-laki 78 orang dan perempuan 30 orang. Sementara ODGJ rumahannya sebanyak 6 orang terdiri dari 4 orang laki-laki dan 2 perempuan.

Meski demikian, jumlah ODGJ pada 2019 diprediksi menurun. Sebab sejak Januari – Juli, ODGJ Mister X tercatat hanya berjumlah 29 orang terdiri dari 15 laki-laki dan 14 perempuan.

“Untuk ODJG rumahannya baru terdata 1 orang di 2019, kebanyakan ODJG yang ditemukan di jalan atau Mister X,” kata Kepala Bidang Rehabilitas Sosial pada Dinsos Kabupaten Bogor, Diyan Mulyadiansyah.

Menurutnya, penurunan jumlah ODGJ dikarenakan meningkatnya kesadaran keluarga atau masyarakat. Mereka cenderung lebih aktif memeriksa anggota keluarganya ke rumah sakit.

“Dinsos hanya melakukan pendampingan ODGJ yang akan mendapatkan perawatan kejiwaan di rumah sakit,” terangnya.

Sementara untuk faktor gangguan jiwa, Diyan menyebut banyak faktor pemicu yang mempengaruhi. Kebanyakan karena depresi yang diakibatkan faktor ekonomi.

“Pemicu yang paling rentan biasanya faktor ekonomi, itu paling tinggi,” tandas Diyan. (mul/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *