MUI Dukung Tes Narkoba untuk Calon Pengantin

by -

METROPOLITAN.id – Wacana tes narkoba bagi calon pengantin yang akan menikah di Kabupaten Bogor diamini Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor. Langkah ini dinilai berimplikasi positif bagi hubungan rumah tangga pengantin ke depannya.

“Ada nilai positif di dalamnya dan ada kebaikan untuk hubungan rumah tangga itu sendiri,” kata Ketua MUI Kabupaten Bogor Mukri Aji, Minggu (21/7).

Menurutnya, tidak sedikit kasus pasangan yang positif narkoba mengalami kehancuran rumah tangga. Tes narkoba sebelum nikah bisa mendeteksi kemungkinan tersebut.

“Pernikahan bukanlah sesuatu yang bisa dianggap main-main. Prinsipnya MUI mendukung, tapi harus kompak. Mulai pemerintah daerah, Kemenag dari daerah hingga pusat. Kalau dari awal sudah terdeteksi narkoba akan sangat baik,” ungkapnya.

Baca Juga  Surat Dakwaan Kasus E-KTP Dinilai Janggal

Sebelumnya, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bogor bakal menjalin kerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag) untuk melakukan tes urine bagi calon pengantin yang akan menikah.Langkah ini dilakukan sebagai upaya mempersempit peredaran narkoba di Bumi tegar Beriman.

Kerjasama tersebut memuat klausul bahwa setiap calon pasangan pengantin lebih dulu menjalani tes narkoba sebelum menikah.

“Ini terobosan baru. Pasangan pengantin tes urine dulu sebelum menikah,” kata Kepala BNNK Bogor Nugraha Setia Budhi.

Jika dari hasil tes diketahui calon pengantin positif narkoba, solusinya akan disembuhkan terlebih dahulu. Bisa lewat rehabilitasi di panti rehabilitasi maupun secara mandiri. BNNK sendiri bakal mendampingi proses penyembuhan.

“Kami hanya memberikan laporan hasil tes saja, melalui urine pasangan pengantin. Kalau masalah apakah hasil tes berimplikasi pada pembatalan pernikahan, itu ranah Kemenag. Mereka yang akan memutuskan,” pungkasnya. (fin)

Baca Juga  Lahan Milik Pemkot, Stadion Mini Gagal Dibangun

Leave a Reply

Your email address will not be published.