Pemdes Benda Rekrut Anggota BPD

by -

METROPOLITAN – Pemerintah Desa (Pemdes) Benda, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi mengggelar Pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), kemarin. Kegiatan yang dilaksanakan di GOR Bulutangkis desa setempat bertujuan merekrut anggota BPD dari unsur keterwakilan perempuan.

Kepala Desa (Kades) Benda, Riki Rachman, memastikan bahwa pemilihan tersebut sesuai amanat Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Sukabumi Nomor 15 Tahun 2018 tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD). “Sesuai dengan perda dan formasi dari jumlah keanggotaan BPD, harus ada satu orang dari keterwakilan perempuan. Sedangkan anggota lainnya merupakan dari keterwakilan wilayah,” kata Riki.

Menurutnya, pemilihan keterwakilan perempuan ini tentunya diakukan secara demokratis, tak ubahnya bagai Pilkades terdapat dua orang perempuan anggota BPD yang masing-masing mewakili wilayah dan perempuan. “Meski secara gender, keduanya bisa mewakili perempuan dalam pencalonan dalam mewakili masyarakat di wilayahnya,” ucap dia.

Riki melanjutkan, jumlah hak pilih ada sekitar 235 perempuan dari 47 ke RT an dari 11 RW yang menyebar di empat kedusunan. Adapun calon anggota BPD yang sudah menjadi kandidat yakni Nina Marlina dari RW 8 dengan nomor urut 1 dan Nanih Nurdianih dari RW 7.

“Pelaksanaannya sedang berlangsung hari ini dan itu untuk memilih satu orang suara dengan suara terbanyak,” imbuhnya. “Semua kita percayakan kepada panitia untuk melaksanakannya sesuai dengan koridor aturan yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah nomor 15 tahun 2018,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Mus Muslihat, mengatakan bahwa Pemilihan anggota BPD periode 2019– 025 untuk keterwakilan perempuan berlangsung lancar. Pemilihan anggota BPD Benda dilaksanakan sesuai hasil musyawarah mufakat dengan menggunakan sistem keterwakilan, mengingat keterbatasan waktu yang ditetapkan selama lebih kurang satu bulan dengan menelan dana sebesar Rp12 juta dari APBDes 2019.

“Sesuai dengan hasil mufakat, pemilihan anggota BPD dilaksanakan dengan sistim keterwakilan. Mengingat keterbatasan waktu yang ditetapkan hanya selama lebih kurang satu bulan,” singkatnya. (did/hep/rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *