Pemdes Leuwiliang Sulap TPS Liar Jadi Taman

by -

METROPOLITAN – Ada yang berbeda di trotoar ruas Jalan Rumpin-Leuwiliang, tidak jauh dari Pasar Leuwiliang, Desa Leuwiliang, Kecamatan Leuwiliang. Sebelumnya, bahu jalan tersebut dipenuhi tumpukan sampah liar. Setelah dibersihkan aparatur Pemerintah Desa (Pemdes) Leuwiliang bersama warga, trotoar yang dipenuhi sampah disulap menjadi taman.

Laporan: Ade Sumantri

Pjs Kepala Desa Leuwiliang, Ivan Pramudia menuturkan, sebelum pemkab bogor mengalakkan penangana sampah, pihak desa sudah mengambil langkah cepat. Salah satunya, mengatasi permasalahan tumpukan sampah liar yang ada di Jalan Leuwiliang. “Setelah kita bersihkan tumpukan sampai tersebut, ke depan kita bakal jadi taman dan trotoar jalan bakal difungsikan lagi,” ujarnya.

Menurutnya penataan wilayah, dengan terbebas dari sampah jadi program utama Pemdes Leuwiliang. Selain itu, program penanganan sampah juga dalam rangka mendukung Bupati Bogor yakni penerapan Bogor Antik (Asri tanpa Plastik), mewajibkan kawasan mandiri untuk membangun Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) dan mendukung kampung ramah lingkungan. “Dalam mewujudkan kampung ramah lingkungan tentunya tidak luput dari peran masyrakat. Kita berharap, tidak hanya pemdes, tapi semua lapisan masyrakat juga ikut berlartisifasi dalam hal penanganan sampah liar,” tukasnya. (ads/b/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *