Polisi Minta Masyarakat tidak Terprovokasi Kasus Perempuan pembawa Anjing ke Masjid

by -
Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko saat konferensi pers di Mapolres Bogor, Selasa (2/7). (Sandika/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Kepolisian telah menetapkan status tersangkaka kepada SM, perempuan pembawa anjing ke dalam Masjid Al-Munawaroh, Sentul, Kabupaten Bogor. Meski demikian, banyak kabar hoaks yang beredar usai viralnya video SM sehingga berpotensi menyebabkan keresahan di masyarakat dan menimbulkan masalah sosial.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, kasus SM murni perbuatannya sendiri dan tidak terkait atas nama lembaga atau institusi. Untuk itu, dirinya mengimbau masyarakat tidak terprovokasi hoaks maupun isu tak bertanggung jawab.

“Saya himbau kepada masyarakat Bogor maupun Jawa Barat agar tidak terprovokasi isu hoax atau ujaran kebencian karena apa yang dilakukan SM itu adalah murni perbuatannya dan bukan atas nama lembaga atau institusi,” kata kombes Trunoyudo saat konferensi pers di mapolres Bogor, pagi tadi, (2/7).

Selain itu, dirinya memastikan kasus ini ditangani secara benar sesuai aturan dan

perundang-undangan yang berlaku. Saat ini, SM sudah berstatus tersangka dan posisisnya masih diobservasi di RS Polri Kramat Jati Jakarta dengan penjagaan ketat untuk mengetahui kondisi kejiwaannya.

“Dengan pasal 156a Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) tentang penodaan atau penistaan agama kami meningkatkan dari penyelidikan menjadi penyidikan dan dari terlapor menjadi tersangka. Saat ini tersangka masih di observasi oleh dokter ahli untuk mengetahui kondisi kejiwaan tersangka SM,” tandasnya.

Sebelumnya,  Seorang perempuan mendadak viral karena mengamuk dan membawa anjing ke dalam Masjid Al Munawaroh, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Video amatir berdurasi sekitar 1 menit itu memperlihatkan seorang perempuan dan seekor anjing di dalam ruangan masjid. Perempuan tersebut lantas terlibat cekcok dengan sejumlah jamaah yang ada di lokasi.

Beberapa jamaah masjid pun berusaha menenangkan wanita itu. Sementara anjingnya berlarian di dalam masjid. Namun, perempuan tersebut semakin meradang ketika berusaha ditenangkan.

Kejadian yang terekam kamera itupun mendadak viral dan menyebar disejumlah media sosial. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *