Presidium Botim Yakin Lolos di Provinsi

by -

METROPOLITAN – Setelah mendapatkan restu dari Pemerintah Kabupaten Bogor dan DPRD Kabupaten Bogor, pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Bogor Timur (Botim) melangkah ke tingkat provinsi. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Presidium Bogor Timur Alex Slamet Riyadi menuturkan, saat ini dirinya bersama seluruh elemen masyarakat Botim sedang mempersiapkan langkah strategis untuk mengawal proses DOB Botim di tingkat provinsi. Termasuk membangun komunikasi dengan elite-elite politik dan pimpinan di Provinsi Jawa Barat. ”Ya prosesnya masih sama juga, tetapi di tingkat provinsi hanya lanjutan karena kuncinya pecah telurnya di kabupaten,” katanya.

Walaupun DOB Bogor Barat sudah lebih dulu mendapatkan persetujuan dan hanya tinggal menunggu dicabutnya moratorium dari pusat, ia optimis dengan seluruh berkas dan persyaratan yang sudah lengkap pastinya akan mendapatkan dukungan dari pemprov dan DPRD provinsi. ”Berkas yang kita lampirkan adalah 75 SKMD (Surat Keputusan Musyawarah Desa, red) dan empat kajian akademis (kajian potensi wilayah, kajian kemampuan daerah, kajian batas wilayah, kajian ibu kota),” terangnya.

Sementara itu, anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Asep Wahyu mengaku dirinya yang merepresentasikan warga Kabupaten Bogor mendukung penuh pembentukan DOB Botim. Pembentukan DOB Botim itu bentuk peningkatan pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Karena sebagai anggota Komisi III DPRD provinsi, ia melihat masyarakat yang ada di wilayah ujung Bogor tidak dapat terlayani dengan maksimal. ”Kalau saya sebagai dewan perwakilan Kabupaten Bogor, kalau tidak ada masalah yang substansif, kita ketuk palu ya ketuk saja, ngapain lama-lama,” jelasnya.

Politisi Demokrat itu juga menilai bahwa Botim yang selama ini menjadi penyumbang PAD terbesar se-Jawa Barat nantinya harus bisa memberikan pemerataan pelayanan dan juga percepatan pembangunan secara menyeluruh. (cr2/mg1/b/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *