Suku Bunga Turun Gairahkan Otomotif

by -

Jakarta – Setelah tujuh bulan bertahan sejak November tahun lalu, suku bunga acuan akhirnya beringsut turun. Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia memutuskan BI 7-day Reverse Repo Rate (BI7DRR) diturunkan 25 basis poin (bps) menjadi 5,75 persen. ”Kebijakan ini ditem puh sejalan dengan rendah nya praki- raan inflasi dan perlunya mendorong momentum pertumbuhan ekonomi, di tengah kondisi ke tidak pastian global,” papar Gubernur BI Perry Warjiyo kemarin (18/7). Direktur Riset CORE Indonesia Piter Abdullah menuturkan, keputusan BI untuk memangkas suku bunga sudah tepat. ”Saya kira BI masih punya ruang dalam 6 hingga 12 bulan ke depan untuk terus menurunkan suku bunga. Saya perkirakan dampaknya akan cepat tertransmisikan ke penyaluran kredit dan investasi,” tutur nya kemarin.

Baca Juga  Masjid Atta’awun Jadi Primadona Buat Ngabuburit

Sebagaimana diwartakan, suku bunga tinggi selama ini memang dianggap menjadi biang kerok lam batnya pertumbuhan sejumlah sektor, termasuk industri otomo- tif dan properti. Sebab, pembelian produk otomotif dan properti mayoritas dilakukan secara kredit. Penurunan suku bunga diharapkan menggairahkan lagi sektor konsumer. Pada semester pertama memang banyak pengusaha yang menunda membeli kendaraan. ”Sekarang mereka mulai berinvestasi lagi,” tambah Marketing Division Head PT Astra International Tbk-Isuzu Sales Operation (Astra Isuzu) Andy Dwi Zatmoko di sela pameran otomotif GIIAS 2019 kemarin (18/7). Yang terbaru, PT Bumi Jasa Utama memborong 70 unit Isuzu MU-X di sela pameran GIIAS 2019. ”Beberapa pengusaha mulai optimistis untuk kembali berbisnis,” sebutnya. Dalam GIIAS 2019, Isuzu menampilkan sejumlah produk yang cocok untuk memenuhi segala kebutuhan pelanggan.

Baca Juga  Jelang IBL seri VI, Aspac Fokus Benahi Komunikasi Pertahanan

Pada segmen kendaraan komersial, ada Isuzu Traga, Isuzu Elf, hingga Isuzu Giga. Pihaknya juga menam pilkan prototipe Isuzu Traga Bus yang cocok untuk segala jenis usaha angkutan penumpang bekerja sama dengan perusahaan karoseri Adi Putro. Chief Operation Officer PT Bumi Jasa Utama Andi M. Gunawan mengaku memilih Isuzu MU-X karena memiliki pengalaman memuaskan dengan layanan Isuzu. ”Layanan Isuzu sangat baik, terutama saat kondisi darurat. Mereka siap dengan teknisi yang terjun hingga ke lokasi di mana kendaraan berada,” ujar nya. Bebas PPN Sementara itu, aturan untuk meringankan beban pelaku industri angkutan dan trasportasi akhir nya terbit. PP Nomor 50 Tahun 2019 ten tang Impor dan Penyerahan Alat Angkutan Tertentu serta Penyerahan dan Pemanfaatan Jasa Kena Pajak Terkait Alat Angkutan Tertentu yang Tidak Dipungut PPN di harapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga  Antre Keluar Tol Ciawi sampai 5 KM

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Suahasil Nazara mengatakan, pada dasarnya pemerintah memberikan berbagai insentif fiskal dengan hati-hati. (ken/agf/rin/c25/oki)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *