2023, Kereta Bogor Bisa langsung ke Bandung

by -
INTEGRASI: Kereta dari Stasiun Bogor nantinya bisa langsung menuju Bandung dengan dihidupkannya kembali jalur Jawa Barat bagian selatan.

METROPOLITAN – Pemerintah tengah berupaya menghidupkan kembali jalur kereta mati atau reaktivasi Jawa bagian selatan. Jika sesuai rencana, nantinya jalur kereta Bogor bisa menyambung sampai Bandung.

Kepala Balai Teknis Perkere­taapian Wilayah Jawa Bagian Barat, Kementerian Perhu­bungan (Kemenhub), Achyar Pasaribu, menjelaskan bebe­rapa jalur saat ini sudah ber­hasil direaktivasi, salah satunya Cianjur-Ciranjang.

”Cianjur-Ciranjang sudah kita jalankan, 2018 kita bangun sepanjang 15 km. Dan Cianjur- Ciranjang sudah jalan kereta­nya,” katanya dalam perjalanan meninjau operasi kereta Ci­anjur-Ciranjang, Senin (26/8).

Pada tahun ini, pemerintah akan membuka jalur dari Ci­ranjang sampai Cipatat. Ke­reta ditargetkan operasi di awal 2020. ”Kemudian 2019 kami sedang membangun jalur dari Ciranjang sampai Cipatat, sepanjang 15 km juga. Itu kami targetkan akhir tahun ini selesai. Awal tahun depan bisa operasi lah. Kita sambung,” ungkapnya.

Setelah itu, dari Cipatat akan disambung ke Padalarang. Namun meng­ingat jalur eksisting curam maka akan dibuat semacam shortcut menuju Cilame.

Baca Juga  SIM Keliling Bogor

”Kemudian dalam rangka tembus Bandung, dari Cipatat akan kita buat shortcut dari Cipatat sampai Cilame. Cilame stasiun yang dilewati Argo Parahiyangan sekarang. Ke­napa nggak sampai Padalarang ke jalur eksisting, karena dari Cipatat sampai Padalarang kalau lewat jalur eksisiting terlalu curam,” jelasnya.

Dengan begitu, nantinya jalur selatan yakni Bogor-Sukabumi- Cianjur-Ciranjang-Cipatat- Cilame-Bandung. ”Target kita 2023-2024 tembus Bandung, dari Bogor. Itu tergantung PT KAI mengoperasikan kereta apinya. Tapi jalurnya sudah sambung,” tutupnya. (dtk/ mam/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *