48 Balon Kades Bertarung di Pilkades Parungpanjang

by -

METROPOLITAN – Seba­nyak 48 bakal calon (balon) kepala desa (kades) akan bertarung memperebutkan kursi di sepuluh desa di Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor. Saat ini, panitia Pilkades Serentak 2019 kabupaten tengah melakukan tahap verifikasi administrasi balon kades tersebut.

“Dalam Pilkades Serentak gelombang ke-3 2019 ini masih tahap verifikasi ad­ministrasi di semua desa tersebut,” terang Sekretaris Panitia Pilkades Kecamatan Parungpanjang, Icang Aliy­udin, kemarin.

Meski begitu, sambung Icang, dari sepuluh desa se-Kecamatan Parungpan­jang itu ada dua desa di antaranya yang akan diselek­si pada balon kades. Sebab, dalam penjaringan kandidat, jumlah pendaftar melebihi aturan yang ada. “Yang mendaftar itu lebih dari lima orang. Kemungkinan dua desa, yakni Kabasiran dan Jagabita ada tahap se­leksi,” ujarnya.

Icang menjelaskan, pendaf­tar di Desa Kabasiran itu mencapai enam orang. Se­dangkan di Desa Jagabita delapan orang. Untuk itu, pihaknya akan menyerah­kannya kepada kecamatan guna melakukan seleksi pengetesan balon yang me­lebihi lima tersebut. “Kalau secara aturan seperti itu. Tapi saat ini kami tengah melakukan verifikasi,” im­buhnya.

Icang menuturkan, Pilka­des Serentak gelombang ke-3 ini sudah dianggarkan dari dana APBD Kabupaten Bogor per pemilih Rp15.000. Hal tersebut sudah berda­sarkan kajian dan Perbup Nomor 37 Tahun 2019.

”Kita sudah sosialisasi tata cara bimtek yang sifat­nya transparan dan pende­katan kepada balon, se­hingga mereka mengerti tahapannya. Panitia akan menjalankan tugasnya se­cara tertib, jurdil dan me­rajut pada ketertiban umum,” bebernya.

Icang menambahkan, ke­panitiaan diambil dari ber­bagai elemen masyarakat yang mewakili berbagai aspek dengan dihadiri be­berapa balon yang mengik­uti pilkades. Panitia juga dilantik BPD. Dengan dasar itu, pihaknya tidak melaku­kan hal-hal yang melanggar aturan pilkades. ”Kami juga akan melibatkan TNI-Polri, karena mereka bagian dari wakil ketua panitia tingkat Kecamatan Parungpanjang dan yang menjadi ketuanya itu pak camat,” ujarnya. (sir/c/rez/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *