53 KK Sudah Kosongkan Rumah Demi Trek Ganda

by -

CIGOMBONG – Realisasi pekerjaan jalur ganda (Double Track) Bogor-Sukabumi memasuki tahap pembongkaran sejumlah bangunan warga di Desa Cigombong, Kecamatan Cigombong. Teranyar, pekerjaan fisik harus menunggu seluruh warga yang tinggal di lahan pemerintah tersebut mengosongkan bangunan yang ditempatinya.

Pjs Kepala Desa Cigombong, Yedi menuturkan, sebanyak 53 KK terdampak pekerjaan diperkenankan untuk melakukan pembongkaran sendiri. Dan saat ini proses tersebut sedang berjalan. “Jadi material yang masih bisa dipakai seperti genteng, kusen dan lain sebagainya diperkenankan PT KAI untuk dicopot sendiri sebelum dibongkar,” ucapnya.

Ia mengatakan, sebagian bangunan telah ditinggalkan pemiliknya. Dari jumlah keseluruhan warga terdampak, tidak ada satupun kendala untuk mendukung pekerjaan jalur kereta api tersebut. “Alhamdullilah semuanya lancar dan warga kooperatif. Lahan tersebut diberikan waktu pengosongan hingga akhir Agustus,” bebernya.

Terkait pekerjaan jalur ganda, lanjut Yedi, PT KAI belum memberikan info lanjutan berkaitan dengan realisasi pembangunan. Hanya saja, PT KAI memastikan bahwa kondisi lahan tersebut harus segera dikosongkan, sesuai musyawarah yang dilakukan bersama warga. “Musyawarah sudah berjalan, sekarang biar warga yang membongkar dulu bangunan tinggal mereka,” ucapnya.

Berkaitan dengan status lahan, Yedi menjelaskan, untuk bangunan warga terdampak di Desa Cigombong menempati lahan pemerintah, sehingga mereka masuk dalam kategori penertiban.

Berbeda dengan pengadaan lahan, lanjut dia, di Desa Cigombong hanya satu KK yang lahannya sudah dilakukan pengukuran untuk pengadaan. “Hampir semua penertiban kategorinya. Kalau yang pengadaan hanya satu karena lahanya statusnya hak milik,” ucapnya.

Dirinya menambahkan, untuk pengadaan lahan, pekan lalu PT KAI juga telah melakukan pengukuran lahan. “Desa Cigombong hanya satu KK, sisanya paling banyak di Desa Watesjaya untuk pengadaan lahan,” terangnya. (drk/rb/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *